*/?>

4 Langkah Membuat Surat Lamaran atau Cover Letter Profesional Menurut Penasihat Karir Harvard!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 01 Sep 2022
Sumber gambar : Harvard University
Sumber gambar : Harvard University

Melamar pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Kamu harus siap menerima surat lamaran yang tak pernah kembali meskipun kamu sudah mencurahkan waktu untuk membuat dokumen lamaran yang menarik dan lengkap. Nah, bagi kamu yang belum berhasil dan hampir menyerah, ternyata ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan ketika membuat surat lamaran (atau cover letter). Hal-Hal ini dikemukakan oleh Linda Spencer, associate director dan koordinator penasihat karir di Harvard Extension School. Spencer mengatakan bahwa surat lamaran yang solid menjawab dua pertanyaan kunci:

  • Mengapa Anda cocok untuk pekerjaan itu?
  • Bagaimana Anda akan menambah nilai bagi organisasi?

“Dibutuhkan rata-rata sekitar tujuh detik untuk meninjau dokumen-dokumen ini,” kata Spencer. “Mereka tidak membaca semuanya, mereka membaca sekilas. Jadi, kamu harus segera menjelaskan bagaimana kamu dapat menambah nilai bagi perusahaan dari posisi yang kamu lamar,"

4 Hal Yang Mesti Kamu Perhatikan Saat Membuat Surat Lamaran Kerja

  1. Alamatkan surat itu kepada orang spesifik tertentu > Pembuka "Kepada siapa yang berkepentingan" adalah salah satu cara tercepat untuk mereka menghapus surat lamaranmu. Kamu disarankan untuk menyampaikan surat lamaran kepada orang spesifik tertentu — biasanya manajer perekrutan atau kepala departemen. Cantumkan nama, jabatan, perusahaan, dan alamat mereka di bagian paling atas di bawah tanggal.
  2. Nyatakan dengan jelas tujuan surat lamaranmu > Kalimat pembuka di surat lamaranmu tidak perlu berlebihan. Bahkan, seharusnya kebalikannya, menurut pakar karir Harvard: Tetap sederhana dan lugas. Tulis alasanmu mengirim surat lamaranmu, posisi yang kamu lamar dan, bagaimana kamu menemukan peluang pekerjaan di perusahaan yang kamu lamar itu.
  3. Tambahkan sentuhan pribadi > Surat lamaran adalah kesempatan untuk menjelaskan mengapa kamu benar-benar tertarik dengan perusahaan dan misinya. Tidak perlu membuatnya super formal juga. Gunakan bahasamu sendiri dan tambahkan beberapa sentuhan pribadi untuk membuat surat lamaran itu lebih menarik. Jika kamu memiliki pengalaman sekolah atau kerja yang relevan, pastikan untuk menunjukkannya dengan satu atau dua contoh. Tekankan keterampilan atau kemampuan yang berhubungan dengan pekerjaan itu.
  4. Ulangi antusiasme yang muncul di bagian pembuka > Di akhir surat lamaranmu, ulangi minatmu pada posisi tersebut, ucapkan terima kasih kepada pembaca atas pertimbangannya, nyatakan bahwa kamu menantikan balasan dari mereka, Sertakan tanda tanganmu di bagian paling bawah.