*/?>

3 Hal Sederhana Ini Bantu Otak Lebih Fokus

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 02 Sep 2022
Sumber gambar : rare-gallery
Sumber gambar : rare-gallery

Penelitian mengkonfirmasi bahwa menggunakan ponsel cerdas kita 24/7 menyebabkan otak kita menjadi terlalu terstimulasi. Kamu bahkan mungkin bangun di pagi hari dan hal pertama yang kamu lakukan adalah meraih ponsel cerdasmu untuk memeriksa notifikasi. Pengejaran konektivitas yang konstan ini sebenarnya menyebabkan otak kita kehilangan fokus mental. Lalu bagaimana cara mendorong kembali fokus otak ke 'jalan yang benar'? Kamu bisa contek 3 hal di bawah ini!

Hargai Waktu Senggang 

Waktu senggang berarti menenangkan otakmu dengan aktivitas yang hanya membutuhkan waktu 5 hingga 10 menit di tengah kesibukan. Sebagai contoh: Berlatih meditasi, Mendengarkan musik, Tonton klip YouTube komedian favorit untuk membuat diri tertawa, Lakukan percakapan positif dengan teman, Mandi air panas, atau Tidur siang. Cara-cara ini sederhana tapi bisa membantu meningkatkan fokusmu!

Ambil Waktu Tanpa Gadget

Apakah kamu menderita FOMO (fear of missing out)? Jika kamu mendapati diri memeriksa media sosial dengan gugup, takut kehilangan momen yang bisa kamu bagikan ke teman, rekan kerja dan keluarga atau melihat update-update terbaru yang tanpa henti itu, kamu harus menjauhkan diri dari gadget-mu sebentar. Kondisi ini akan menyebabkanmu kehilangan fokus jangka panjang. Belajar lah untuk menikmati hari tanpa harus tahu segala-galanya.

Ubah Ritual Waktu Tidur

National Sleep Foundation (NSF) menemukan bahwa 95 persen orang Amerika menggunakan teknologi dalam satu jam terakhir sebelum tidur. Sangat penting untuk mempelajari aktivitas penenang otak yang santai dan menyenangkan, dan aktivitas mana yang menyebabkannya menjadi terlalu aktif. Cobalah tips ritual digital wind-down ini setiap malam:

  • Cabut kabel listrik satu hingga dua jam sebelum tidur agar otak memiliki kesempatan untuk bersantai dan bersiap untuk tidur.
  • Ganti teknologi hal-hal lain seperti membaca, menulis, berdoa, atau bermeditasi.
  • Bacala buku favorit, sebaiknya buku yang topik dan gaya penulisannya memerlukan sedikit kekuatan otak.
  • Cobalah teka-teki silang, jika terasa menenangkan otak.
  • Simpan semua perangkat digital di area rumah selain kamar tidur.
  • Gunakan jam alarm sebagai perangkat bangun tidur.

Sudah siap fokus kembali?