*/?>

Ingin Sukses Dalam Bekerja? Ingatlah 5 Hal Ini!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 07 Sep 2022
Sumber gambar : FlexJob
Sumber gambar : FlexJob

Memasuki dunia kerja adalah hal menakutkan dan baru. Akan banyak ekspektasi dan proses adaptasi yang harus kamu lakukan. Hal ini bagi sebagian orang mudah dan untuk sebagian lainnya sulit. Maka dari itu, topik tentang pekerjaan dan bagaimana sukses di lingkungan kerja seharusnya menjadi pembicaraan yang umum, apalagi bagi lulusan baru yang benar-benar buta soal kehidupan dewasa bersama kolega. 

Tak perlu khawatir, di bawah ini merupakan beberapa kunci penting yang bisa kamu camkan ketika masuk ke dunia kerja; tujuannya agar terhindar dari stres dan rasa terjebak dalam lingkungan yang tak diinginkan. Berikut 5 hal soal masuk dalam dunia kerja yang bisa jadi navigasimu di masa depan!

Bahagia Dalam Bekerja

Bekerja tidak harus membosankan. Biasakan untuk melakukan kegiatan menyenangkan yang melibatkan, merangsang, dan memotivasi. Faktanya, sains telah menemukan bahwa kesenangan dalam pekerjaan tidak hanya baik untuk kesehatan mental, tetapi juga baik untuk bisnis. Orang-orang yang bersenang-senang dalam pekerjaan lebih kreatif dan produktif, membuat keputusan yang lebih baik, dan bergaul lebih baik dengan rekan kerja.

Komunikasi Dengan Kolega

Para orang sukses yang bijaksana secara sadar membangun peluang bagi orang-orang untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia akan koneksi (baik dalam kehidupan nyata maupun virtual). Sudahkah kamu mempertimbangkan bagaimana kegiatan sosial, dan proyek bersama akan memungkinkan hubungan sesama manusia, dalam konteks ini di dunia kerja, dihidupkan? Hal ini penting untuk kesehatan mentalmu.

Ambil Waktu Istirahat

Penelitian dalam ilmu saraf merekomendasikan bahwa untuk setiap 80-120 menit, kita perlu istirahat 10 menit untuk menenangkan aktivitas otak kita sehingga kita tidak terlalu terstimulasi dan kehilangan ketajaman kita. Berikut beberapa aktivitas yang hanya memakan waktu hanya 5 hingga 10 menit, termasuk: Berlatih meditasi penuh perhatian, Mendengarkan musik, dan Tertawa. Menjaga agar diri tidak over work, adalah kunci sukses lainnya.

Berbagi Kebahagiaan

Biasakan untuk membagikan kebahagiaanmu dengan tim di kantormu -- kutipan, gambar lucu, cerita yang membangkitkan semangat, lelucon, buku positif, blog, podcast, dan kabar baik untuk diambil dan ditambahkan mewarnai kehidupan mereka. Kebahagiaan ini akan menular dan membangun budaya energi positif, semangat, dan antusiasme untuk hidup dan pekerjaan yang kamu (dan mereka) lakukan.

Work Life Balance

Penelitian oleh Universitas Georgetown dan Yayasan Alfred P. Sloan menegaskan bahwa 80 persen karyawan akan lebih bahagia dengan pilihan kerja yang lebih fleksibel dan jadwal alternatif yang memenuhi kebutuhan pribadi mereka. Pikirkan di luar kotak dengan beberapa strategi ini untuk diri musendiri. Kemudian jadikan itu sebagai kebijakan kerja bagi tim  untuk meningkatkan moral dan meningkatkan kepuasan