*/?>

5 Universitas Islam Terbaik Dunia 2022

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 09 Sep 2022
Sumber gambar : UII
Sumber gambar : UII

Masuk ke universitas yang punya nilai religius sama denganmu mungkin adalah impian terbesarmu. Nah, jika kamu beragama Islam, maka artikel ini akan cocok untukmu karena kali ini akan dimunculkan 5 universitas islam yang punya kualitas pengajaran mumpuni. Universitas-universitas Islam ini tersebar di berbagai belahan dunia dan reputasi yang baik membuat universitas-universitas ini punya nama yang mungkin familiar buatmu. Penasaran universitas Islam mana yang masuk list top 5 dunia? Kamu bisa cek di bawah ini segera!

5 Universitas Islam Terbaik Dunia 2022

Al Azhar University

Al Azhar

Universitas Al-Azhar adalah salah satu pusat utama pendidikan sastra Arab dan pengkajian Islam Sunni di dunia dan merupakan universitas tertua kedua di dunia. Universitas ini berhubungan dengan Masjid Al-Azhar di wilayah Kairo Kuno. Saat ini, misi Universitas Al-Azhar antara lain adalah penyebaran agama dan budaya Islam. Untuk tujuan ini, para sarjana Islam mengeluarkan maklumat untuk menjawab berbagai permasalahan yang ditanyakan kepada mereka dari seluruh dunia Islam Sunni.

Islamic University of Madinah

madinah

Universitas Islam Madinah adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Arab Saudi di bawah Kementerian Pendidikan Tinggi Arab Saudi yang didirikan pada 29 Rabiul Awal 1381 Hijriyah (6 September 1961). Universitas ini adalah perguruan tinggi khusus laki-laki, artinya hanya laki-laki yang bisa belajar di sana. Selain itu, universitas ini hanya diperuntukkan bagi mahasiswa Muslim.

International Islamic University Malaysia

malaysia university

Universitas Islam Internasional Malaysia disponsori oleh delapan pemerintah dan Organisasi Kerjasama Islam (OKI). Universitas ini punya cita rasa sendiri dan tak identikal dengan Universitas Islam Internasional Islamabad, Pakistan dan Universitas Islam Internasional Chittagong, Bangladesh. Universitas ini didirikan berdasarkan prinsip-prinsip Islam yang ditanamkan ke dalam semua disiplin ilmu.

Al Qarawiyyin University

Al Qarawiyyin University

Universitas al-Qarawiyyin adalah sebuah universitas yang terletak di Fez, Maroko. Universitas ini awalnya adalah masjid yang didirikan oleh Fatima al-Fihri pada tahun 857–859. Masjid ini kemudian menjadi salah satu pusat spiritual dan pendidikan terkemuka di Zaman Keemasan Islam. Sekarang, masjid ini masuk dalam sistem universitas negeri modern Maroko dan secara resmi berganti nama menjadi "Universitas Al Qarawiyyin" dua tahun kemudian.

International Islamic University Islamabad

International Islamic University Islamabad

Universitas Islam Internasional, Islamabad adalah universitas riset publik yang berlokasi di Islamabad, Pakistan. Universitas ini secara teratur terdaftar di antara universitas yang paling diakui dan lembaga pemberi gelar bergengsi di Pakistan oleh Komisi Pendidikan Tinggi Pakistan. Universitas ini menempati peringkat kedua dalam peringkat universitas teratas tahun 2022 dari Times Higher Education World University Rankings di Pakistan.