*/?>

Memahami Profesi Sinematografer

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 12 Sep 2022
Sumber gambar : premiumbeat
Sumber gambar : premiumbeat

Sekilas Sinematografer

Disebut juga sebagai director of photography (DOP), sinematografer bekerja dengan sutradara dan kru film untuk menciptakan efek visual penting untuk film dan series TV. Mereka membaca skenario dan memilih pencahayaan, sudut, pembingkaian, dan filter yang sesuai untuk menciptakan suasana film. Sinematografer juga terlibat dalam proses pasca produksi. Sinematografer harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang optik, cahaya, gerak, dan warna, serta naluri kreatif dan keterampilan bercerita yang kuat. Mereka harus mampu memvisualisasikan adegan dan menghidupkan cerita saat bekerja dalam batasan anggaran dan penjadwalan produksi.

Tugas Sinematografer

Jika dijabarkan, tugas seorang sinematografer adalah sebagai berikut:

  1. Memilih gaya visual untuk film > Seorang sinematografer menentukan gaya visual dan pendekatan film. Misalnya, seorang sinematografer pada film dokumenter menentukan apakah akan menggunakan peragaan ulang, atau sangat bergantung pada foto dan rekaman yang ditemukan saja.
  2. Menetapkan pengaturan kamera > Seorang sinematografer memutuskan jenis kamera, lensa kamera, sudut kamera, dan teknik kamera mana yang paling baik untuk menghidupkan adegan. 
  3. Menentukan pencahayaan untuk setiap adegan > Seorang sinematografer menggunakan pencahayaan untuk menciptakan suasana visual yang tepat yang ingin dicapai oleh sutradara. Mereka harus tahu bagaimana meningkatkan kedalaman, kontras, dan kontur gambar untuk mendukung suasana cerita.
  4. Menggali potensi setiap lokasi > Sinematografer yang baik memahami visual apa yang menggairahkan sutradara dan dapat membuat rekomendasi tentang bidikan apa yang harus diambil. Sinematografer yang baik akan memperkenalkan ide dan konsep yang mungkin tidak dipertimbangkan oleh sutradara.

Pendidikan Tinggi Untuk Menjadi Sinematografer Handal

Sama seperti karir yang spesifik teknis lainnya, karir sebagai sinematrografi bisa dimulai di bangku kuliah. Jurusan sinematografi biasanya mencakup pembelajaran tentang peralatan dan pengoperasian kamera, serta proses dan teknik sinematografi. Jika kamu mencari pendidikan yang lebih menyeluruh, kamu dapat memilih untuk mengejar gelar Bachelor of Fine Art in Film, yang biasanya mencakup kursus dalam sinematografi juga. Kamu akan bisa mengeksplorasi aspek artistik dan teoretis dari sinematografi, visualisasi pra-produksi, pencahayaan sinematografi, dan sinematografi 3-D.