*/?>

Jangan Salah Pilih! Berikut 6 Tips Memilih Jurusan Kuliah

Pendidikan
Reporter : Ivan surya pratama, 28 Sep 2022
Ilustrasi Mahasiswa Kuliah / Freepik
Ilustrasi Mahasiswa Kuliah / Freepik

Sebagai pelajar SMA kita sering kali merasa bingung untuk menentukan kehidupan setelah tamat mengenyam bangku sekolah, ada yang mengambil keputusan untuk langsung masuk dunia kerja, dan ada juga yang ingin melanjutkan studinya ke tingkat perguruan tinggi terlebih dahulu sebelum terjun ke dunia kerja.

Namun perasaan bingung tidak sampai disitu saja, misal kalian hendak melanjutkan studi ke perguruan tinggi terkadang kita kembali merasa bingung dalam memilih program studi atau jurusan yang akan kita tempuh selama beberapa tahun ke depan. Untuk lebih yakin lagi dalam memilih jurusan kita di perguruan tinggi. Yuk simak artikel berikut ini agar kita tidak kebingungan atau bahkan salah jurusan!

1. Kenali Passion
    Langkah pertama yang wajib kamu ketahui sebelum memilih jurusan adalah kenali dulu apa yang kamu gemari. Kegemaran atau yang lebih akrab disebut passion merupakan modal utama untuk menentukan jurusan kuliah kamu. Dengan mengetahui passion atau hal yang kamu sukai, maka dapat mempermudah kamu untuk memilih jurusan kuliah. Misal, kamu memiliki passion di bidang yang berhubungan dengan keolahragaan, kamu bisa memilih jurusan seperti ilmu keolahragaan atau pendidikan kepelatihan olahraga.

2. Kenali Potensi diri
    Tahap berikutnya untuk mempertimbangkan jurusan kuliah kamu adalah potensi yang ada di dalam diri. Setiap orang di dunia ini pastinya memiliki potensinya sendiri. Jadi kenali dulu potensi yang ada di dalam dirimu, dengan begitu ketika nanti melakukan aktivitas kuliah kamu tidak merasa berat untuk menjalaninya.
Jika kamu memiliki potensi diri yang mengarah ke arah seni, maka kamu dapat memanfaatkan potensi tersebut untuk memilih ke jurusan yang berhubungan, misal DKV atau seni rupa. 

3. Riset mendalam tentang jurusan kuliah yang dipilih
    Melakukan riset untuk menentukan jurusan kuliah merupakan hal yang sangat dianjurkan. Sebab dengan melakukan riset kamu dapat mengetahui mata kuliah apa saja yang akan nanti kamu pelajari selama di bangku perkuliahan, akreditasi, dan profil jurusan. Setelah melakukan riset kamu dapat membuat daftar jurusan-jurusan yang relevan dengan passion maupun potensi mu.

4. Biaya kuliah
    Tidak kalah krusial dalam menentukan jurusan kuliah, biaya menjadi aspek utama yang wajib diperhitungkan dan direncanakan sebelum memilih jurusan yang tepat. Kamu perlu melakukan diskusi bersama orang tua mengenai biaya apa saja dan besaran yang diperlukan selama kamu berkuliah nanti. Pastinya orang tua akan mengusahakan mengenai biaya kuliah kamu, namun kamu juga bisa mencari pilihan lain untuk membantu biaya kuliah, misalnya mencari beasiswa yang jumlahnya banyak.

5. Peluang karir
    Setiap jurusan pastinya memiliki peluang karir yang banyak. Namun tidak ada salahnya kamu memperhatikan peluang kerja yang hendak dipilih dengan perkembangan dunia saat ini. Dengan cara ini kamu dapat mengetahui jurusan mana yang memiliki peluang karir paling banyak.

6. Jauhi memilih jurusan berdasar ikut-ikutan
    Tips terakhir dan terampuh memilih jurusan adalah tidak ikut-ikutan teman atau influencer sekalipun. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan passion dan potensi diri kamu. Jangan takut tidak memiliki teman selama masa kuliah, seiring berjalannya waktu kamu pasti bertemu dengan teman-teman dari jurusan yang sama atau jurusan yang lain dari kegiatan organisasi. Juga jangan ikut-ikutan influencer agar terlihat keren atau terpengaruh dari perkataan influencer. Ingat, dunia perkuliahan kamu yang jalani, jadi fokuslah dengan passion, potensi diri, dan masa depanmu.