*/?>

20 Universitas Terbaik Di Eropa 2022

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 28 Sep 2022
Sumber gambar : CNBC
Sumber gambar : CNBC

Selain Amerika, Eropa adalah salah satu lokasi yang banyak calon mahasiswa idamkan. Ingin belajar mode? Prancis jawabannya. Ingin belajar di universitas top dunia? Ada Inggris dan Oxford-nya. Dengan banyaknya pilihan dan universitas bergengsi yang tersebar di daratan Eropa, jadi wajar kalau kontinen ini jadi idaman, bukan?

Jika kamu adalah salah satu calon mahasiswa yang berencana belajar di Eropa, kamu bisa mulai dari artikel ini untuk cek universitas mana yang terbaik. Di bawah ini adalah 20 nama universitas dari peringkat yang teratas, yang dinobatkan QS WUR sebagai universitas mapan dan berkualitas. 

20 Universitas Terbaik Di Eropa 2022

  1. University of Cambridge
  2. University of Oxford
  3. Imperial College London
  4. UCL
  5. ETH Zurich
  6. The University of Edinburgh
  7. EPFL
  8. Université PSL
  9. The University of Manchester
  10. King's College London
  11. Institut Polytechnique de Paris
  12. Technical University of Munich
  13. The London School of Economics and Political Science (LSE)
  14. University of Amsterdam
  15. Ludwig-Maximilians-Universität München
  16. Sorbonne University
  17. Delft University of Technology
  18. University of Bristol
  19. The University of Warwick
  20. Ruprecht-Karls-Universität Heidelberg

Berikut indikator yang digunakan untuk menilai universitas-universitas di atas:

  • Reputasi akademik: QS WUR menarik tanggapan dari lebih dari 130.000 akademisi di seluruh dunia. Responden mengidentifikasi negara, wilayah, dan bidang fakultas yang paling mereka kenal. Responden diminta untuk membuat daftar hingga 10 institusi domestik dan 30 internasional yang mereka anggap sangat baik untuk penelitian. Mereka tidak boleh memilih institusi mereka sendiri.
  • Reputasi perusahaan pemberi kerja: Pada peringkat edisi 2022 ini, QS WUR memanfaatkan hampir 75.000 tanggapan survei dari pemberi kerja lulusan di seluruh dunia. Perusahaan diminta untuk mengidentifikasi hingga 10 institusi domestik dan 30 institusi internasional yang mereka anggap sangat baik untuk perekrutan lulusan.
  • Kutipan penelitian per makalah: QS WUR mengukur kutipan per makalah, bukan kutipan per anggota fakultas. Ambang batas publikasi minimum ditetapkan untuk setiap subjek. 
  • indeks-H: Indeks-h adalah cara untuk mengukur produktivitas dan dampak dari karya ilmuwan atau cendekiawan yang diterbitkan. Indeks ini didasarkan pada kumpulan makalah akademis yang paling banyak dikutip dan jumlah kutipan yang mereka terima di publikasi lain.
  • Jaringan Riset Internasional: Mencerminkan kemampuan universitas untuk mendiversifikasi geografi jaringan penelitian internasional mereka dengan membangun kemitraan penelitian yang berkelanjutan dengan lembaga pendidikan tinggi lainnya.