*/?>

UI Buka Program Pre-U Buat Siswa SMA, Apa Itu?

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 30 Sep 2022
Sumber gambar :Pre-U Universitas Indonesia
Sumber gambar :Pre-U Universitas Indonesia

Pernahkah kamu mendapat peluang belajar di universitas tanpa menjadi mahasiswa terlebih dahulu? Jika belum dan ingin mendapatkan pengalaman itu, Universitas Indonesia (UI) membuka program Pre-U untuk kamu jajal!

Pre-U merupakan program bagi kamu siswa/i atau Lulusan SMA/Sederajat yang ingin mengikuti perkuliahan di UI secara online. Kurikulum program Pre-U sama dengan kurikulum Program Sarjana UI. Nah, apa manfaat ikut program Pre-U dari FIA UI? Berikut jabarannya:

  • Mendapatkan pengalaman belajar di FIA UI;
  • Mendapatkan Sertifikat sebagai bukti keberhasilan mengumpulkan SKS pada Mata Kuliah yang diambil;
  • Keberhasilan mengumpulkan SKS dapat menjadi pertimbangan dalam seleksi masuk sebagai mahasiswa FIA UI;
  • Masa Studi Program Sarjana di FIA UI menjadi lebih cepat.

Kalau kamu tertarik, kamu bisa meraih gocek Rp. 1 juta/SKS lalu memenuhi beberapa persyaratan administratif lainnya, seperti:

  • Pas foto terbaru; Ukuran 3×4; berwarna
  • Kelas XI atau XII, dengan nilai rapor rata-rata minimal 80
  • Atau lulusan SMA Sederajat tahun 2021-2022 dengan nilai ijazah rata-rata minimal 80
  • Kartu Identitas (KTP/Passport/Kartu Tanda Pelajar)

Dengan mengikuti Pre-U di UI, kamu bisa mengumpulkan mikro-kredensial. Keberhasilan dalam mengumpulkan mikro-kredensial dapat menjadi pertimbangan dalam seleksi masuk sebagai mahasiswa UI dari jenjang S1 atau S2 sesuai skema credit-earning yang ditetapkan oleh prodi. Begitu diterima sebagai mahasiswa UI akan memperoleh pengakuan mikro-kredensial mereka melalui sistem credit-earning (sks), untuk selanjutnya menyelesaikan sisa sks studinya. Jadi, kamu yang ikut Pre-U dan diterima di UI tidak perlu mengulang kelas yang sudah kamu ambil di Pre-U  saat sudah menjadi mahasiswa UI. Menarik, bukan? Informasi selengkapnya bisa kamu akses di laman resmi UI di https://cil.ui.ac.id/