*/?>

Punya Passion Berkarir Di Dunia Anak? Kamu Bisa Mulai Di 5 Jurusan ini!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 19 Oct 2022
Sumber gambar : Freepik
Sumber gambar : Freepik

Sebuah karir biasanya mengikuti passion diri. Jadi wajar jika memilih jurusan di pendidikan tinggi yang sesuai dengan cita-cita itu agar selangkah lebih dekat mencapai industri yang diimpikan. Nah, salah satu passion yang mungkin muncul adalah keinginan untuk bisa berkarir di dunia anak-anak; entah menjadi guru atau ekspertis lainnya yang berhubungan langsung dengan kebutuhan anak. Jika kamu adalah satu calon mahasiswa yang punya passion ini namun tak tahu mulai dari mana, kamu bisa baca artikel kali ini!

5 Jurusan Untuk Berkarir di Bidang Anak

Pendidikan Usia Dini (PG-PAUD)

Jurusan pendidikan anak usia dini menitikberatkan pada pembelajaran  mengenai anak-anak sejak lahir sampai dengan usia delapan tahun. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari standar dan teknik untuk jenis pembelajaran yang terjadi di lingkungan anak usia dini seperti prasekolah. Selain itu, kamu juga akan belajar untuk mengidentifikasi berbagai tahap perkembangan dan bagaimana kamu dapat mendorong  anak-anak ini dengan gaya belajar yang berbeda.

Keperawatan

Jurusan keperawatan mempelajari keterampilan berpikir kritis dan penilaian klinis. Lulusannya mungkin bekerja dengan anak-anak yang terluka dan sakit di berbagai tempat seperti rumah sakit dan kantor dokter. Jurusan keperawatan menghabiskan waktu di kelas mempelajari dasar-dasar keperawatan dan kemudian menerapkan pengetahuan itu dalam pengaturan langsung selama klinis.

Perkembangan Anak

Mahasiswa dalam jurusan perkembangan masa kanak-kanak (childhood development) mempelajari siklus pertumbuhan dari lahir hingga remaja dari perspektif psikologis. Mereka juga mempelajari perkembangan anak-anak ini melalui kacamata humaniora, sosiologi dan pendidikan. Banyak mahasiswa dalam disiplin ini kemudian menjadi guru, pengasuh anak atau konselor sekolah.

Bimbingan dan Konseling

Anak-anak mungkin memerlukan bantuan untuk memahami dunia di sekitar mereka dan pikiran mereka serta perasaan mereka sendiri. Konselor kesehatan mental dan keluarga memperoleh gelar master dan lisensi untuk membantu anak dalam hal ini. Mahasiswa dalam program gelar sarjana untuk konseling sering menyelesaikan kombinasi kursus sains dan seni liberal. Beberapa kursus umum termasuk komunikasi interpersonal dan perilaku manusia.

Patologi Wicara

Belajar di jurusan patologi wicara memungkinkanmu untuk bekerja dengan anak-anak secara pribadi atau kelompok kecil. Kamu akan belajar tentang kesulitan berbicara, seperti gangguan kefasihan, dan teknik untuk membantu anak-anak yang hidup dengan gangguan ini. Ahli patologi wicara-bahasa masa depan juga menyelesaikan kursus dalam linguistik, psikologi dan ilmu komunikasi.