*/?>

Mengenal Program Studi Proteksi Tanaman

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 24 Oct 2022
Sumber gambar : Lab Manager
Sumber gambar : Lab Manager

Sekilas Jurusan Proteksi Tanaman

Jurusan proteksi tanaman menyediakan berbagai pilihan studi dalam ilmu tanaman, tanah, penyakit tanaman, serangga dan gulma, dan ilmu fisika. Mahasiswanya belajar bagaimana melindungi tanaman dari efek penyakit.

Konsentrasi ini mempersiapkan lulusannya untuk karir dalam konsultasi tanaman, manajemen hama terpadu, dan manajemen agribisnis dan merchandising. Mereka yang melanjutkan dedikasi pada riset akan banyak berkecimpung dalam industri makanan, serat, bahan bakar, obat-obatan, hutan kota, kesehatan tanah, hama tanaman, dan lingkungan alami.

Mata Kuliah Jurusan Proteksi Tanaman

Berikut merupakan beberapa mata kuliah jurusan proteksi tanaman di Universitas Andalas untuk referensi:

  1. Ilmu Hama Tumbuhan
  2. Ilmu Penyakit Tumbuhan
  3. Karantina Tumbuhan
  4. Bakteriologi Tumbuhan
  5. Nematologi Tumbuhan
  6. Klinik Tanaman
  7. Bioteknologi Perlindungan Tanaman
  8. Mikologi Tumbuhan
  9. Virologi Tumbuhan
  10. Pestisida dan Teknik Aplikasi

Profesi  Lulusan Proteksi Tanaman

Lulusan proteksi tanaman bisa bekerja di instansi pemerintah seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Kehutanan, atau Dinas Pertanian. Bisa juga memilih masuk ke BUMN seperti Perusahaan Umum Logistik BULOG (Perum Bulog). Pilihan bekerja di jalur swasta juga terbuka. Kamu bisa melamar pekerjaan di perusahaan perkebunan, perusahaan pengendalian hama, perusahaan agrokimia/pestisida, dan banyak lagi; bisa jadi konsultan, penyuluh atau peneliti, tergantung pada ekspertismu.