*/?>

Mahasiswa Wajib Lakukan 5 Hal Ini Saat Kuliah!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 25 Oct 2022
Sumber gambar : University of Alberta
Sumber gambar : University of Alberta

Menjadi mahasiswa adalah hal yang sama sekali baru; bukan soal datang ke kelas namun ekspektasi hidup yang sudah ada satu level lebih tinggi. Semua hal yang sudah diberikan oleh orang tua kini harus mulai kamu lakukan sendiri. Lalu apa saja sih hal-hal dasar yang mesti kamu bisa lakukan saat sudah masuk ke masa-masa ini? Berikut 5 hal yang harus dari yang paling harus kamu lakukan sebagai mahasiswa!

Memasak Makanan Sendiri

Cara terbaik untuk menghindari semua makanan yang sarat gula dan karbohidrat tanpa bangkrut adalah dengan mulai memasak makananmu sendiri. Ada banyak situs yang didedikasikan untuk mahasiswa dan tips memasak di asrama. Apalagi, asrama kampus biasanya sering dilengkapi dengan dapur kecil atau pantry dengan setidaknya kompor dan microwave. Belajar memasak adalah salah satu keterampilan yang tidak boleh terlewatkan!

Tinggal Di Asrama Kampus

Meskipun asrama kampus bukanlah tempat yang paling mewah, asrama kampus mengajarkan banyak keterampilan hidup yang penting kepada mahasiswa. Kamu akan belajar untuk menghargai dan menyesuaikan diri dengan apa yang kamu miliki. Anda akan belajar seberapa baik (atau tidak) kamu berinteraksi dengan mahasiswa lain di bawah tekanan (seperti ujian, atau kelas 8 pagi). Tinggal di kampus akan menjadi pengalaman belajar yang mengajarkanmu kemandirian.

Mempertahankan Bentuk Tubuh Sehat

Hidup sendiri bisa sangat melelahkan. Ditambah dengan jadwal kelas yang penuh dan harus mengatur tugas dan aktivitas lainnya, dan kemungkinan besar kamu akan lupa untuk mengurus diri sendiri! Banyak mahasiswa yang mengalami kenaikan berat badan pada semester pertama di universitas karena mereka sering lupa untuk berolahraga. Cobalah bergabung dengan kegiatan aktivitas fisik (kebanyakan universitas menawarkan banyak pilihan ekstrakurikuler tari, aerobik, dan seni bela diri) atau pergi ke gym 3 – 5 kali seminggu.

Belajar Mengatur Keuangan

Kamu harus mulai memperhitungkan kebiasaan belanja; sebagian besar mahasiswa cenderung mengeluarkan uang lebih untuk makanan, minuman, dan belanja. Ini adalah kebiasaan penting yang harus dipelajari setiap mahasiswa. Pikirkan dua kali sebelum membeli sepasang sepatu hak yang kamu lihat di obral atau tas baru di toko favoritmu. Jika kamu merasa menginginkan lebih banyak kebebasan untuk dibelanjakan, kamu harus mempertimbangkan untuk mendapatkan setidaknya satu pekerjaan paruh waktu untuk membantu mengelola pengeluaran.

Ambil Kesempatan Kuliah Di Luar Negeri

Menghabiskan satu semester di luar negeri dapat bermanfaat bagi resume dan karir akademis. Universitas memiliki berbagai jenis pilihan studi di luar negeri mulai dari menghabiskan semester pertukaran di universitas mitra, melakukan penelitian di pusat penelitian di luar negeri atau bahkan pindah ke kampus lain untuk pengalaman asing. Pengalaman di lingkungan baru akan mengajarimu cara mengakomodasi budaya baru dan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Ini akan membantumu berkomunikasi dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda.