*/?>

5 Buku Mahasiswa Kedokteran Wajib Baca

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 27 Oct 2022
Sumber gambar : savvy
Sumber gambar : savvy

Insight sebelum terjun ke dunianya secara langsung adalah hal wajib, apalagi jika tujuannya punya karir panjang di bidang tersebut. Buku, dari banyak senjata perang agar bisa berkarir mulus, adalah kewajibannya. Mulai dari handbook sampai pelajaran dari pengalaman langsung dokter-dokter hebat, bersama kuliahdimana.id, mari kita cek 5 buku yang wajib kamu baca sebagai calon dokter atau sebagai calon garda terdepan lini kesehatan lainnya. 

5 Buku Mahasiswa Kedokteran Wajib Baca

Bad Science: Quacks, Hacks, and Big Pharma Flacks

Pernahkah bertanya-tanya bagaimana suatu hari media dapat menyatakan bahwa alkohol itu buruk bagi kita dan hari berikutnya tanpa malu-malu memuat berita yang menggembar-gemborkan manfaat dari konsumsi alkohol setiap hari? Atau bagaimana obat yang ditarik dari pasaran karena menyebabkan serangan jantung bisa disetujui? Ben Goldacre telah membuat titik mengekspos dokter dukun dan ahli gizi, program kredensial palsu, dan studi ilmiah yang bias. Goldacre di sini untuk mengajari cara mengevaluasi efek plasebo, studi double-blind, dan ukuran sampel, sehingga pembaca dapat mengenali sains yang buruk saat melihatnya.

Where There Is No Doctor: A Village Healthcare Handbook

Manual klasik Hesperian, Where There Is No Doctor, bisa dibilang sebagai manual perawatan kesehatan yang paling banyak digunakan di dunia. Berguna untuk petugas kesehatan, dokter, dan orang lain yang terlibat dalam pemberian perawatan kesehatan primer dan program promosi kesehatan, dengan jutaan salinan dicetak dalam lebih dari 75 bahasa, manual ini memberikan informasi praktis dan mudah dipahami tentang cara mendiagnosis, mengobati, dan mencegah penyakit umum. Perhatian khusus difokuskan pada nutrisi, pencegahan infeksi dan penyakit, dan teknik diagnostik sebagai cara utama untuk mencegah dan mengobati masalah kesehatan.

Do No Harm: Stories of Life, Death, and Brain Surgery

Bagaimana rasanya menjadi ahli bedah otak? Bagaimana rasanya memegang nyawa seseorang di tangan? Bagaimana menghadapi konsekuensi dari melakukan operasi yang berpotensi menyelamatkan nyawa? Ahli bedah saraf terkemuka Henry Marsh mengungkapkan kegembiraan yang luar biasa dari operasi, kemenangan yang sangat menyentuh, bencana yang mengerikan, penyesalan yang menghantui, dan momen humor hitam yang menjadi ciri kehidupan seorang ahli bedah otak. Do No Harm memberikan wawasan yang tak terlupakan tentang drama manusia yang tak terhitung jumlahnya yang terjadi di rumah sakit modern yang sibuk. Di atas segalanya, itu adalah pelajaran tentang perlunya harapan ketika dihadapkan dengan keputusan hidup yang paling sulit.

When Breath Becomes Air

Apa yang membuat hidup layak dijalani? Apa yang dilakukan ketika masa depan, tidak lagi menjadi tangga menuju tujuan hidup, mendatar menjadi hadiah abadi? Apa artinya memiliki anak, untuk memelihara kehidupan baru saat yang lain memudar? Ini adalah beberapa pertanyaan yang digeluti Kalanithi dalam memoar yang sangat menyentuh dan diamati dengan indah ini. Paul Kalanithi meninggal pada Maret 2015, saat mengerjakan buku ini, namun kata-katanya tetap hidup sebagai panduan dan hadiah bagi kita semua.When Breath Menjadi Air adalah refleksi yang tak terlupakan dan meneguhkan hidup tentang tantangan menghadapi kematian dan tentang hubungan antara dokter dan pasien, dari seorang penulis brilian yang menjadi keduanya.

The House of God

Berjuang dengan jam-jam yang melelahkan dan tanggung jawab hidup dan mati yang tiba-tiba, Basch dan rekan-rekannya, di bawah kepemimpinan residen senior, harus belajar tidak hanya bagaimana menjadi dokter yang baik tetapi, pada akhirnya, manusia yang baik. Sebuah fenomena sejak diterbitkan, The House of God adalah potret pertama yang tidak dipoles, tidak dimuliakan, dan tanpa sensor tentang seperti apa sebenarnya pelatihan menjadi dokter, dalam semua teror, kelelahan, dan komedi hitamnya. Dengan lebih dari dua juta kopi terjual di seluruh dunia, itu telah dipuji sebagai salah satu novel medis paling penting yang pernah ditulis.