*/?>

4 Jurusan Terpopuler di Sekolah Vokasi Tanah Air, Apa Saja?

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 09 Nov 2022
Sumber gambar : shorelight
Sumber gambar : shorelight

Salah satu opsi lain selain masuk ke universitas, adalah masuk ke sekolah vokasi. Apakah kamu salah satu calon mahasiswa yang sedang mempertimbangkan kesempatan  untuk menjadi lulusan D3 ini? 

Sekilas sekolah vokasi: Tahu kah bedanya universitas dan sekolah vokasi? Bayangkan perbedaan SMA dan SMK, maka universitas dan sekolah vokasi mencerminkan perbedaan ini juga. Di sekolah vokasi ini kamu akan menghabiskan sebagian besar waktu belajar hal-hal teknis atau praktis daripada disibukkan dengan teori dan buku-buku. Lulusan universitas bergelar sarjana dan akan lulus sebagai pemikir handal. Di sisi lain, lulusa  sekolah vokasi akan bergelar diploma dan punya hard skill yang menunjang karir praktis.

Kalau kamu berniat untuk melanjutkan studi ke sekolah vokasi, maka perlu cek peta persaingan dengan calon mahasiswa lain agar peluang penerimaanmu makin besar; kamu harus tahu jurusan vokasi mana yang paling populer di kalangan akademikus. Mau tahu sekolah vokasi mana yang terpopuler ini? Berikut 4 jurusan di sekolah vokasi tanah air yang paling diminati calon mahasiswa tiap tahunnya!

4 Jurusan Terpopuler di Sekolah Vokasi Tanah Air

Ilmu Komputer

Jurusan ilmu komputer belajar tentang sistem komputer dan cara manusia dan komputer berinteraksi dari perspektif ilmiah. Instruksi termasuk pemrograman dan teori dan desain perangkat lunak. Mahasiswanya akan belajar bahasa  pemrograman seperti C++ dan Java. Mahasiswanya akan belajar cara memecahkan masalah dengan menerjemahkan pertanyaan menjadi instruksi yang dapat diikuti komputer untuk mendapatkan jawabannya. Mereka akan menjelajahi apa yang terjadi di dalam komputer.

Sistem Informasi

Jurusan Sistem Informasi melibatkan desain, pengiriman, dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang efektif. Mahasiswa Sistem Informasi  akan membangun dasar yang kuat dalam komputasi, komunikasi, dan pengembangan perangkat lunak. Mereka juga akan mempelajari ilmu sosial dan teori organisasi untuk mengembangkan pemikiran kritis dan memahami dampak manusia dari perubahan teknologi. Perpaduan ini mempersiapkan mereka untuk mengambil peran utama dalam masa depan digital.

Pariwisata

Jurusan Pariwisata memberikan mahasiswanya kesempatan untuk terlibat langsung dalam mengelola dan merencanakan industri terbesar di dunia - turisme. Jurusan ini berkonsentrasi pada kursus seperti sejarah, bahasa, dan aspek budaya lainnya; memberikan paparan dan pelatihan untuk menjadi ahli dalam manajemen industri perjalanan, tur, dan perhotelan dan akan membawa mahasiswanya ke perjalanan menuju peran senior dalam industri yang menarik, beragam, dan berkembang.

Administrasi Perkantoran

Jurusan Administrasi Perkantoran memungkinkan mahasiswanya untuk mengeksplorasi konsep dan proses yang mengarah ke administrator kantor berkualitas tinggi. Tujuan utama kurikulum administrasi perkantoran adalah untuk memberikan mahasiswanta paparan yang cukup terhadap realitas dunia bisnis, melalui instruksi akademik yang dikoordinasikan secara erat dengan komunitas bisnis; memiliki kesamaan pengetahuan dan pemahaman tentang bisnis modern dan administrasi perkantoran profesional.