*/?>

5 Jurusan Kuliah Buat Mahasiswa ENFP

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 11 Nov 2022
Sumber gambar : Tribun
Sumber gambar : Tribun

Pada artikel sebelumnya, kita sudah mengenal jurusan kuliah yang cocok untuk mahasiwa INTP (Baca: 5 Jurusan Kuliah Buat Mahasiswa INTP). Kali ini giliran kepribadian ala Myers-Briggs lainnya yang kita bahas, yaitu ENFP (Kamu bisa tes kepribadianmu di MBTI Test). 

Kamu ENFP? ENFP adalah individu yang kreatif, energik, ramah, berorientasi layanan dengan keterampilan komunikasi verbal dan tertulis yang baik. Dalam konteks hidup persama, seorang ENFP adalah kekuatan pendorong yang membuat sesuatu yang mustahil terjadi karena mereka adalah natural-born leaders. Mereka bekerja secara logis dan rasional, dan mereka adalah pemecah masalah yang unik. Mereka intuitif dan perseptif tentang orang-orang sehingga mereka adalah pemain tim yang baik.

Biasanya, seorang ENFP akan cocok untuk beberapa jurusan di perguruan tinggi seperti:

Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Mahasiswa ENFP

Pemasaran

Jurusan pemasaran mempelajari branding, promosi produk dan layanan kepada publik, yang ditargetkan melalui demografi tertentu. Pemasaran menyentuh banyak bidang studi, sehingga mahasiswanya akan berpengalaman dalam beberapa lini seperti periklanan, komunikasi, perilaku konsumen, hubungan masyarakat, dan strategi pemasaran serta penelitian. Jurusan berorientasi karir ini memberikan pendidikan profesional dengan latar belakang yang kuat dalam pendekatan yang lebih teknis di Bachelor of Science atau ke seni liberal di Bachelor of Arts.

Ilmu Komputer

Ilmu komputer adalah jurusan utama bagi pemecah masalah yang ingin belajar cara menggunakan komputer dan proses komputasi untuk membangun situs web, memprogram robot, menambang data, dan banyak lagi. Mahasiswanya akan mendapatkan pengalaman dengan teori dan praktik ilmu komputer saat mereka menjelajahi algoritme, bahasa pemrograman, dan sistem operasi. Di kelas, jurusan ilmu komputer biasanya menerapkan pembelajaran komputasi ke topik seperti keuangan, robotika, dan keamanan jaringan. 

Hubungan Masyarakat

Jurusan Hubungan Masyarakat mengajarkan mahasiswanya mempertahankan reputasi dan merek bisnis sambil membina hubungan dengan media dan publik. Kelas akan berkutat pada kursus menulis, penelitian komunikasi, produksi pesan, analisis kasus dan perencanaan kampanye. Kelas-kelas ini akan meningkatkan pemikiran kritis mahasiswa tentang isu-isu dalam industri hubungan masyarakat dan mengelola interaksi antara bisnis dan orang-orang. Jurusan ini menawarkan landasan yang kuat untuk berbagai peluang karir di perusahaan swasta, pemerintah, dan lembaga nirlaba.

Desain Interior

Jurusan Desain Interior mempersiapkan mahasiswanya untuk menerapkan prinsip dan teknik artistik untuk perencanaan profesional, perancangan, perlengkapan, dan perabotan ruang interior perumahan dan komersial. Termasuk instruksi dalam aplikasi komputer, penyusunan, dan teknik grafis; prinsip pencahayaan interior, akustik, integrasi sistem, dan koordinasi warna; furnitur dan perabotan; tekstil dan finishingnya; desain struktural dasar; kode bangunan dan peraturan inspeksi yang dapat diaplikasikan ke kantor, hotel, pabrik, restoran, perumahan dan sebagainya.

Teologi

Jurusan teologi akan mengajarkan mahasiswanya untuk berpikir dan membaca dengan hati-hati dan kritis, dan menulis dan berbicara dengan jelas. Mahasiswanya akan belajar tentang agama lain, seperti Islam dan Yudaisme, lalu akan belajar untuk lebih memahami bagaimana keyakinan agama membentuk kita secara etis sebagai anggota komunitas manusia yang bertanggung jawab. Jurusan teologi adalah persiapan yang sangat baik untuk sekolah pascasarjana dan berbagai karir di keuskupan agung, legislasi, kebijakan publik, kedokteran, hukum, dan penerbitan.