*/?>

5 Website Penting untuk Memperlancar Proses Belajar Mahasiswa

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 17 Jan 2020
Sumber gambar: Bandungkita
Sumber gambar: Bandungkita

Berbeda dengan generasi-generasi  mahasiswa sebelumnya, dimana untuk memperoleh materi kuliah maupun materi tambahan untuk penguatan bahan perkuliahan di kampus, mahasiswa harus datang langsung ke lokasi dimana materi tersebut berada. Di era digital sebagian besar materi tersebut dapat diperoleh via internet, baik menggunakan komputer maupun gadget. beragam data bisa diperoleh, baik berupa kamus, alat bantu beragam hitungan dan beragam materi kesehatan ataupun beragam fitur data untuk memperlancar perkuliahan. Sehingga tidak heran jika saat ini,hidup bersama gadget sudah menjadi hal biasa bagi generasi millenial maupun generasi Z.

Pemanfaatannya beragam, selain untuk pendidikan juga untuk bersenang-senang maupun untuk media komunikasi proses pembelajaran yang mempermudah komunikasi kampus, mahasiswa bahkan orang tua.. Memang, pemanfaatan gadget tak ada habisnya, maka juga tak mengherankan menjamurnya berbagai macam konten via internet yang dapat diakses lewat gadget ini.

Sehingga dalam dunia pendidikan saat ini untuk memperoleh hasil pembelajaran maksimal mahasiswa pun juga didorong memanfaatkan gadget yang tersambung pada beraga fitur data yang disediakan berbagai pengembang yang via internet. Misalnya untuk proses registrasi mata kuliah atau mengecek jadwal perkuliahan melalui website tertentu. Namun dalam prakteknya, ketergantungan mahasiswa dan gadget bisa lebih dari itu. Hari ini, mahasiswa biasa mengunjungi website-website tertentu untuk mencari bahan mata kuliah maupun penelitian.

Berikut 5 website yang bisa diakses mahasiswa untuk memperlancar studi:

  • Grammarly  merupakan website yang akan banyak membantu mahasiswa atau siapapun yang ini mengecek sekaligus memperbaikan penulisan dalam bahasa Inggris, bahkan memperpendek kata menjadi lebih efektif. Grammarly juga bisa dihubungkan dengan thesaurus, sebuah website kamus online sehingga penggunaan kata dapa dipastikan kebakuannya. Grammarly cocok untuk tugas esai dan penelitian ataupun mereka yang suka berkomunikasi di medos seperti Gmail, Facebook, Twitter, LinkedIn dan lainnya.Grammarly bisa diakses di https://app.grammarly.com/
  • Wolfram Alpha  merupakan website yang dapat membantu mahasiswa melakukan kalkulasi seperti matematika, sains, nutrisi, engineering, dan sebagainya. Selain itu, website ini memiliki berbagai data, fakta, dan informasi yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa selama menempuh studinya di kampus.
  • Koofers  Merupakan website yang dapat dimanfaatkan perguruan tinggi untuk memasukkan data berupa soal-soal ujian yang pernah dikerjakan sebelumnya. Fungsinya adalah untuk mengingat kembali pelajaran yang sudah lama lewat di semester sebelumnya.
  • Efollett  Website yang cocok diakses untuk membeli buku secara online. Bentuknya bukan buku fisik melainkan buku pdf yang dapat diakses melalui gadget. Cocok bagi mereka yang terlalu sibuk pergi membeli buku ke toko buku konvensional.
  • Studyblue  Website yang dapat digunakan untuk mengatur jadwal kuliah dalam bentuk catatan. Tak hanya itu, studyblue juga dapat digunakan sebagai platform mahasiswa sharing atau bertukar bahan mata kuliah dengan mahasiswa lainnya secara global.