*/?>

3 Alasan Sekolah Vokasi Lebih Baik Dari Universitas

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 18 Nov 2022
Sumber gambar : Minneapolis College
Sumber gambar : Minneapolis College

Setelah lulus SMA, biasanya kita langsung mencari-cari universitas mana yang punya jurusan yang kita impikan. Tapi pernah kah memberi kesempatan untuk cek sekolah vokasi? Sekolah vokasi, sama seperti universitas, punya nilainya sendiri. Lulusannya akan punya peluang sama besar meskipun gelarnya bukan sarjana (tetapi diploma). Mengapa? Kamu bisa cek 3 alasannya di bawah ini!

(Baca juga: 4 Jurusan Terpopuler di Sekolah Vokasi Tanah Air, Apa Saja?)

3  Alasan Sekolah Vokasi Lebih Baik Dari Universitas

Fokus pada Keterampilan praktis

“Learning by doing" adalah inti dari sekolah vokasi. Pembelajaran praktis lebih diutamakan daripada pembelajaran teoritis. Mahasiswa di sekolah kejuruan menghabiskan lebih banyak waktu untuk mempraktikkan keterampilan nyata yang mereka perlukan dan dapat diterapkan di tempat kerja. Fokus studi mereka adalah untuk memperoleh pengetahuan dan kompetensi yang mereka butuhkan untuk bekerja dengan mahir di bidang pilihan mereka. Mereka akan punya pengalaman praktis yang luas.

Transisi ke Pilihan Karir Secara Langsung

Gelar sarjana tradisional 4 tahun membekali mahasiswa dengan keterampilan umum. Berbeda dengan mereka yang masuk sekolah vokasi. Mahasiswa di sekolah vokasi biasanya telah memutuskan apa yang ingin mereka lakukan dalam hidup. Setelah satu sampai dua tahun pendidikan kejuruan ini, mahasiswanya akan memiliki jalur karir yang pasti. Lulusannya akan mendapat manfaat dengan tidak membuang waktu memikirkan apa yang harus dilakukan setelah kuliah.

Pintu Masuk Ke Industri Terbuka Lebar Setelah Lulus

Sekolah Vokasi biasanya memiliki hubungan dekat dengan perusahaan pemberi kerja di industri, sehingga pendidikan tinggi jenis ini mengetahui kebutuhan pasar modern. Hal ini memungkinkan sekolah-sekolah vokasi ini untuk membimbing mahasiswanya melalui keterampilan dan teknik yang tepat dan relevan yang dicari pemberi kerja saat mencari karyawan baru. Setelah lukus, pintu perusahaan pemberi kerja ini akan terbuka untuk lulusan bergelar diploma ini sebab keterampilan teknisnya yang mumpuni.