*/?>

5 Jurusan Kuliah Buat Mahasiswa ESTJ

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 22 Nov 2022
Sumber gambar : MBTI
Sumber gambar : MBTI

Membahas MBTI itu selalu seru! Kali ini soal ESTJ! ESTJ berfokus pada fakta dan kebutuhan konkret. Mereka adalah individu yang analitis, teliti, tegas, langsung, efisien, bertanggung jawab, dan berpikir berdasarkan fakta. ESTJ berkembang dalam lingkungan yang dibangun berdasarkan keteraturan dan kontinuitas dengan aturan, ekspektasi, dan standar yang jelas untuk diikuti. Peran kepemimpinan datang dengan mudah untuk tipe kepribadian ESTJ, dan mereka menikmati pekerjaan yang berorientasi pada hasil yang bersifat praktis.

Biasanya, seorang ESTJ akan cocok untuk beberapa jurusan di perguruan tinggi seperti:

(Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Buat Mahasiswa INTJ)

(Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Buat Mahasiswa INTP)

(Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Buat Mahasiswa ENFP)

Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Mahasiswa ESTJ

Akuntansi

Jurusan akuntansi adalah program studi yang mempersiapkan mahasiswanya untuk berkarir di bidang keuangan. Dalam kelas, mahasiswanya akan memperoleh pengetahuan tentang prinsip dasar dan metode yang digunakan dalam berbagai profesi akuntansi serta topik khusus tergantung pada bidang minat mereka. Bidang studi ini dapat membekali mereka dengan keterampilan dan pelatihan yang diperlukan untuk membantu individu, bisnis, dan organisasi mengelola keuangan, membuat rencana strategis, dan memastikan bahwa klien-klien ini mematuhi aturan dan regulasi yang berlaku. Jika lulus dan menjadi seorang akuntan, mereka harus selalau memperhatikan detail karena biasanya akan menangani sejumlah besar data sekaligus.

Teknik Mesin

Jurusan teknik mesin belajar tentang gerak dan energi, dan mereka mempelajari mekanika fluida, padat dan termal. Mereka menghabiskan waktu di laboratorium, di mana mereka mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan mengevaluasi serta merancang produk. Kurikulum di jurusan ini mencakup elemen dari beragam disiplin ilmu yang dibangun di sekitar tema biomedis, teknik komputasi, desain, energi, dan teknik multi-skala. Kelas khusus mungkin termasuk: mekatronika, simulasi komputasi, sistem mikroelektromekanik, rekayasa biomekanik, ilmu dan teknologi energi serta mekanika nano dan mikro. 

Ilmu Aktuaria

Ilmu aktuaria adalah disiplin yang menilai risiko keuangan di bidang asuransi dan keuangan, menggunakan metode matematika dan statistik. Ilmu aktuaria menerapkan matematika probabilitas dan statistik untuk mendefinisikan, menganalisis, dan memecahkan implikasi keuangan dari peristiwa masa depan yang tidak pasti. Ilmu aktuaria tradisional sebagian besar berkisar pada analisis mortalitas dan produksi tabel kehidupan, dan penerapan bunga majemuk. Ilmu aktuaria mencakup beberapa mata pelajaran yang saling terkait, termasuk matematika, teori probabilitas, statistik, keuangan, ekonomi, dan ilmu komputer. Asuransi jiwa dan rencana pensiun adalah dua aplikasi utama ilmu aktuaria. Namun, ilmu aktuaria juga diterapkan dalam studi organisasi keuangan untuk meningkatkan pengambilan keputusan keuangan.

Musik

Jurusan musik mempelajari instrumen tertentu – apakah piano atau biola – dan mahasiswanya juga diwajibkan mengambil kelas teori dan komposisi musik, kelas sejarah musik, dan kelas yang berkaitan dengan pegasahan keterampilan seni. Mahasiswa jurusan musik biasanya tampil di depan rekan dan penonton, sambil berlatih untuk mengasah seni mereka. Mereka yang mengambil jalur Bachelor of Music dapat memfokuskan studi mereka pada kelas-kelas teoritikal seperti teori musik, komposisi, keterampilan aural, sejarah musik,sembari mengambil sedikit kelas pertunjukan vokal atau instrumental. Beberapa lainnya bisa mengambil kelas praktikal seperti pelatihan telinga, keterampilan keyboard, literatur piano, prinsip bentuk, dan analisis dan harmoni kromatik.

Manajemen Perhotelan

Jurusan manajemen perhotelan adalah sebuah program studi yang mempersiapkan individu untuk melayani sebagai manajer umum dan direktur operasi perhotelan di seluruh sistem, termasuk pengaturan perjalanan dan promosi serta penyediaan fasilitas perjalanan. Termasuk instruksi dalam prinsip-prinsip operasi dalam industri perjalanan dan pariwisata, fasilitas hotel dan penginapan, layanan makanan, dan fasilitas rekreasi; strategi pemasaran perhotelan; perencanaan perhotelan; manajemen dan koordinasi waralaba dan operasi unit; manajemen bisnis; akuntansi dan manajemen keuangan; transportasi perhotelan dan logistik; dan kebijakan dan peraturan industri perhotelan.