*/?>

Materi Tes SNBT 2023 Beserta Alokasi Waktu Pengerjaannya

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 25 Nov 2022
Sumber gambar : Tekno Tempo
Sumber gambar : Tekno Tempo

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 akan segera bergulir untuk pintu masuk mahasiswa baru tahun ajaran 2023/2024. Karena sistem tes ini sama sekali baru, mungkin ada dari beberapa calon mahasiswa yang bingung materi tes yang SNBT yang akan dihadapi. Tak perlu khawatir, di bawah ini merupakan materi tes SNBT 2023 beserta alokasi waktu yang diberikan untuk tiap jenis soal.

Materi Tes SNBT 2023 Beserta Alokasi Waktu Pengerjaannya

Tes Potensi Skolastik (TPS)

  • Penalaran Umum > penalaran induktif, penalaran deduktif, dan penalaran kuantitatif (total 30 soal dan selesaikan dalam waktu 30 menit)
  • Pengetahuan Kuantitatif > kemampuan menggunakan informasi kuantitatif dan memanipulasi simbol-simbol angka. (total 20 soal dan diselesaikan dalam waktu 15 menit)
  • Pengetahuan dan Pemahaman Umum > keterampilan dalam berbahasa, menggunakan kata, dan keluasan serta kedalaman pengetahuan umum. (total 20 soal dan diselesaikan dalam waktu 15 menit)
  • Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis > kemampuan dasar dalam membaca, kelancaran membaca, dan keterampilan menulis. (total 20 soal dan diselesaikan dalam waktu 15 menit)

Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, dan merefleksikan berbagai jenis teks. Terdapat dua bagian utama, yaitu Kompetensi Kebahasaan dan Strategi Kognitif. Jumlah soal untuk masing-masing bahasa adalah 20 soal dan dikerjakan pada masing-masing waktu 45 menit.

Penalaran Matematika

Dua kunci utama tes bagian penalaran matematika adalah:

  • Penggunaan konsep matematika dalam mengatasi masalah dalam sebuah konteks
  • Penggunaan pengalaman di dalam kelas untuk mengatasi masalah

Kedua hal di atas akan diukur dalam soal-soal yang membahas: Bilangan, Pengukuran dan Geometri Data, dan Ketidakpastian Aljabar. Jumlah soal adalah 20 dan dikerjakan dalam waktu 30 menit.