*/?>

Calon Mahasiswa D3 Wajib Cek, Kini Penerimaan Mahasiswa Baru Lewat SNPMB

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 30 Nov 2022
Sumber gambar : snpmb
Sumber gambar : snpmb

Tahun ajaran baru kini diwarnai dengan banyak upgrade dari pemerintah soal skema penerimaan mahasiswa baru, salah satunya skema penerimaan mahasiswa vokasi (politeknik D3) yang awalnya terpisah dalam Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) kini akan digabung dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB)

SNPMB sendiri, dari tahun ke tahun, adalah kapal untuk seleksi S1 SNMPTN yang kini bernama Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan SBMPTN yang berubah menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Dengan ditambahnya skema penerimaan politeknik D3 dalam SNPMB, diharapkan calon mahasiswa akan punya lebih banyak opsi pendidikan tinggi. 

Ketua Umum Tim Penanggung Jawab SNPMB Prof Dr Ir Mochamad Ashari menuturkan, dengan menggabungkan jenjang D3 ke dalam SNPMB maka kini SNPMB di bawah tanggung jawab dua direktorat jenderal. "Ada dua dirjen yang terlibat. Dirjen Dikti untuk program sarjana dan Dirjen Pendidikan Vokasi (Diksi) untuk Diploma III dan Sarjana Terapan," 

Meskipun dipindah-tangankan, kuota bagi mereka yang mendaftar D3 akan sama dengan tahun lalu, yaitu:

  • Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) kuotanya minimum 20%,
  • Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 40?n
  • Seleksi Mandiri maksimum 30%.

Angka di atas sedikit berbeda untuk mahasiswa yang mendaftar S1. dI PTN BH, kuota SNBTnya diberikan minimum 30?n Seleksi Mandiri maksimum 50%. Untuk syarat daftar dan informasi selengkapnya akan diumumkan oleh pihak SNPMB di hari-hari mendatang.