*/?>

Memahami Isi Bacaan Lebih Efektif Dengan Teknik SQ3R

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 19 Dec 2022
Sumber gambar : pch.vector
Sumber gambar : pch.vector

Membaca bukanlah hal yang selalu mudah untuk sebagian orang. Terkadang, meskipun sudah membolak-balikkan kertas sampai hampir robek, kita belum mampu menyerap apa yang kita baca dengan sempurna - seperti ada bagian dari tulisan yang terasa buram di otak - hal ini wajar. Sangat wajar kalau kita tak selalu bisa konsentrasi saat membaca, apalagi jika materi bacaan yang harus dibaca tidak begitu menarik perhatian kita.

Kesulitan memahami bacaan ini harus dihindari oleh mahasiswa. Sebagai mahasiswa, kita diwajibkan selalu paham pada hal-hal yang kita baca, supaya apa yang kita baca tak hanya menjadi angin lewat, tapi mampu diterapkan secara praktis. Bagaimana caranya cepat paham bacaan? Mengikuti teknik membaca SQ3R jawabannya!

Membaca Dengan Teknik SQ3R

SQ3R adalah singkatan dari Survey, Question, Read, Recite, and Review. Melalui urutan ini, pembaca diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap teks dengan terlibat dalam proses membaca, baik sebelum, selama, dan sesudahnya, secara sengaja.

  1. Survey (S): Pembaca mulai dengan meninjau teks yang ditugaskan untuk mendapatkan pemahaman awal dengan memperhatikan elemen yang paling jelas, seperti judul, teks tebal, atau bagan yang tersedia.
  2. Question (Q): Pembaca dapat mulai membuat pertanyaan tentang isi teks. Misalnya, mereka dapat mengonversi judul menjadi pertanyaan, atau mereka dapat membuat pertanyaan yang lebih umum seperti "tentang apa teks ini?"
  3. Read (R1): saat pembaca terlibat dalam membaca teks itu sendiri. Pertanyaan yang dihasilkan selama pratinjau teks membantu pembaca untuk fokus.
  4. Recite (R2), juga disebut Retrieve atau Recall: saat pembaca menelusuri teks, mereka melafalkan atau mengulang jawaban atas pertanyaan awal mereka, menggunakan kata-kata mereka sendiri. Ini dapat dilakukan baik dalam bentuk lisan maupun tulisan.
  5. Review (R3): setelah membaca selesai, pembaca meninjau kembali isi teks dengan mengulang kembali apa gagasan utama teks tersebut, dengan menggunakan kata-kata mereka sendiri.

Teknik memahami bacaan SQ3R ini hanya akan berhasil kalau kamu menaruh fokus. Kamu bisa pahami cara lebih fokus dengan mampir ke 3 Hal Sederhana Ini Bantu Otak Lebih Fokus dan Pakar Nutrisi Harvard: Hindari 5 Makanan Ini Agar Fokus Dan Kesehatan Memori Otak Terjaga.