*/?>

5 Perbedaan Dasar TOEFL dan IELTS

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 28 Dec 2022
Sumber gambar : toefl ielts
Sumber gambar : toefl ielts

Ketika akan kuliah ke keluar negeri, biasanya kamu akan diminta untuk menunjukkan skor TOEFL atau IELTS. Hal serupa juga biasanya diminta ketika akan daftar ke jurusan internasional atau melamar kerja ke perusahaan berbasis Bahasa Inggris. Yup, TOEFL dan IELTS adalah sertifikat yang membuktikan kefasihan berbahasa inggrismu!

Meskipun merupakan dokumen yang sering wajib disubmit, masih banyak juga yang tak tahu perbedaan keduanya. TOEFL dan IELTS memang cukup mirip secara deskripsi awam: tes berbahasa inggris. Tapi apa sebenarnya perbedaan TOEFL dan IELTS? Berikut ini 5 perbedaan dasar TOEFL dan IELTS!

5 Perbedaan Dasar TOEFL dan IELTS

TOEFL

IELTS

TOEFL adalah singkatan dari Test of English as a Foreign Language dan merupakan ujian kemahiran berbahasa Inggris yang diproduksi oleh Amerika Serikat. IELTS adalah singkatan dari  International English Language Testing System. Ini adalah ujian yang dimiliki dan dikelola oleh IDP Australia, The British Council, dan Cambridge Examinations.

TOEFL secara khusus menetapkan untuk menguji kemampuan komunikasi bahasa Inggris untuk lingkungan akademik seperti di ruang kelas dan universitas.

iELTS memiliki dua bagian - Modul Akademik yang menguji pengaturan akademik, dan Modul Pelatihan Umum, yang digunakan untuk pengaturan kerja dan tujuan imigrasi umum.
Tes cenderung lebih terkait dengan AS dan lebih disukai oleh institusi Amerika, seperti sekolah dan sekolah pascasarjana. Tes cakupannya lebih luas - dapat membantu mereka yang ingin bekerja, belajar atau bermigrasi ke negara-negara berbahasa Inggris, seperti Inggris, Australia, Kanada, Selandia Baru, dan Amerika Serikat.
Total skor akhir TOEFL berkisar antara 0-120, dengan rentang skor 0–30 untuk setiap keterampilan membaca, mendengarkan, menulis, dan berbicara.

Total skor IELTS didasarkan pada skor band, mulai dari 0-9. Tes membaca dan mendengarkan diberi skor dari 0-40. Aspek menulis dan berbicara didasarkan pada serangkaian kriteria penilaian yang dinilai oleh penguji.

TOEFL dapat diambil sebagai Tes Berbasis Kertas (TOEFL pBT) atau Tes Berbasis Internet (TOEFL iBT). Namun, TOEFL iBT sejauh ini adalah yang paling populer. IELTS berbasis kertas atau berbasis komputer, tergantung pada apa yang calon kandidat sukai dan apakah pusat ujian tersebut memiliki kedua opsi tersebut.