*/?>

Mengenal Profesi SEO Specialist

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 02 Jan 2023
Sumber gambar : macrovector
Sumber gambar : macrovector

SEO Specialist merupakan salah satu lowongan kerja yang paling sering ditemukan akhir-akhir ini. Itu artinya, karir di bidang SEO sedang booming dan punya kemungkinan akan tetap tumbuh subur mengetahui kalau dunia virtual punya prediksi terus meningkat, website akan makin menjamur, dan kebutuhan agar website ini dilirik konsumen juga akan naik. 

Penasaran apa sih tugas seorang SEO Specialist? Atau sudah tertarik pada karir ini namun belum berani menmulai? Yuk pahami dulu profesio seorang SEO Specialist secara ringan di artikel kali ini!

Deskripsi Singkat Tugas Seorang SEO Specialist

Spesialis SEO adalah seseorang profesional pemasaran yang berugas melakukan riset dan analisa agar sebuah website mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari seperti Google. Tugas mereka adalah mencari kata kunci yang populer dan relevan lalu memasukkannya dalam situs website tersebut untuk memicu mesin pencari menaikkan peringkat website ke halaman depan. Biasanya seorang spesialis SEO bekerja di agensi pemasaran digital.

Keterampilan Seorang SEO Specialist

Berikut ini beberapa keterampilan yang harus ditunjukkan seorang SEO Specialist:

  • kemampuan untuk memahami platform media sosial dan cara menggunakannya untuk mendistribusikan konten, mendapatkan lebih banyak tautan, dan membangun kampanye yang sukses
  • pemahaman yang baik tentang PR dan cara menyampaikan pesan yang benar
  • pemahaman tentang cara pelanggan menelusuri, di mana mereka menelusuri, dan mengapa mereka membeli sesuatu secara online
  • pemahaman yang baik tentang konteks pemasaran yang lebih luas
  • keterampilan analitis yang kuat untuk memahami algoritma peringkat
  • pemahaman tentang, atau pengalaman, pengkodean HTML, seperti Javascript dan PHP (PHP: Hypertext Preprocessor)
  • kemahiran dalam Microsoft Office dan pengetahuan yang sangat baik tentang Excel

Jurusan Untuk Meniti Karir Sebagai SEO Specialist

Jika ingin menjadi seorang spesialis SEO, kamu bisa membangun dasar yang kuat terlebih dahulu di dunia pemasaran. Itu artinya, kamu dianjurkan masuk ke jurusan pemasaran atau pemasaran digital. Di Indonesia, ada tiga universitas yang punya jurusan pemasaran digital yang mampuni seperti, Universitas Ciputra, Universitas Prasetya Mulya, dan Universitas Bina Nusantara. Semua universitas yang disebutkan sudah terakreditasi A. Kalau tujuanmu adalah kuliah di luar negeri, kamu bisa coba cek Berlin School of Business & Innovation, Toronto School of Management, dan Humber College Institute of Technology and Advanced Learning.