*/?>

4 Tips Tingkatkan Listening Skill

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 04 Jan 2023
Sumber gambar : SEEK
Sumber gambar : SEEK

Mahasiswa disarankan paham bahasa inggris, sebab lebih banyak buku acuan di universitas yang menggunakan bahasa internasional satu ini. Juga tak dipungkiri, membaca dan memahami kalimat dengan bahasa ini sedikit banyak lebih mudah, namun tidak dengan kemampuan mendengarkan. Tak memiliki kemampuan mendengarkan yang baik akan berdampak pada kurangnya kemampuan percakapan dalam bahasa inggris juga. 

Bagaimana cara meningkatkan kemampuan mendengarkan bahasa inggris? Cek tipsnya di bawah ini!

4 Tips Tingkatkan Listening Skill

Dengarkan Audio Dengan Subtitle

Langkah paling awal adalah belajar mendengarkan dengan bantuan subtitle. Dalam hal ini, gunakan subtitle bahasa inggris untuk audio berbahasa inggris. Trik ini akan membantu otak agar lebih mudah menyerap kata-kata yang dikeluarkan oleh pembicara. Penggunaan subtitle ini bisa diterapkan pada, misal, lagu, film, atau video pendek di YouTube.

Dengarkan Audio Yang Sama Berulang Kali

Salah satu trik meningkatkan kemampuan mendengar bahasa inggris adalah dengan berlatih mendengar, kali ini tanpa subtitle. Pilihlah satu audio, misal podcast, dan dengar berulang kali sampai kamu memahami bahasan yang dibawakan. Jika ada kata atau kalimat yang tidak kamu mengerti, catat dan carilah artinya di mesin pencari Google atau tanyakan pada mereka yang ahli berbahasa inggris.

Perbanyak Percakapan Dengan Bahasa Inggris

Entah dengan teman atau guru les, belajar bercakap-cakap itu penting. Semakin sering kamu belajar membangun percakapan sederhana, maka makin cepat kamu akan lebih ahli ketika harus mendengarkan kalimat-kalimat lebih rumit dan panjang. Semakin intensif jam terbang, maka makin cepat pertumbuhan kemampuan mendengarkan bahasa inggris.

Bereksperimen Dengan Aksen Berbeda

Bagi sebagian orang, mendengarkan audio berbahasa inggris dengan akses amerika lebih mudah daripada aksen lainnya. Hal ini menyebabkan barrier bahasa. Meskipun demikian, kesulitan ini dapat diatasi dengan banyak berlatih. Internet menyuguhkan banyak audio gratis di mana penggunanya dapat belajar dengan leluasa. Pastikan untuk memahami sedikit banyak tentang serbagai aksen agar lebih sukses mendengarkan.