*/?>

Ini Dia 7 Fungsi Terpopuler Python Untuk Menganalisa Data

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 09 Jan 2023
Sumber gambar : python
Sumber gambar : python

Python adalah bahasa pemrograman komputer yang sering digunakan untuk membangun situs web dan perangkat lunak, mengotomatiskan tugas, dan melakukan analisis data. Karena penggunaannya yang serba sederhana dibanding bahasa pemrograman lainnya dan juga fleksibelitasnya dalam mempermudah pekerjaan, Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling populer pada 2021. Selain itu, karena relatif mudah dipelajari, Python telah diadopsi oleh banyak non-programmer seperti akuntan, untuk berbagai tugas sehari-hari, seperti mengatur keuangan.

Kapan saja Python dimanfaatkan fungsinya? Berikut 7 hal yang paling sering dilakukan oleh ahli data ketika menggunakan Python jika melansir dari dari Analytics Insight:

7 Fungsi Terpopuler Python Ketika Menganalisa Data

  1. Identifikasi Kebutuhan Akses Komputer: Mengelola tingkat akses ke data yang harus diberikan kepada karyawan di sebuah organisasi atau perusahaan.
  2. Prediksi Data Penjualan: Menggunakan model prediksi untuk menentukan penjualan setiap produk.
  3. Prediksi Rekomendasi Pekerjaan: Membuat model AI untuk memprediksi informasi seputar lamaran kerja, seperti informasi riwayat pekerjaan, demografi, dsb.
  4. Data Gaji Karyawan: Menganalisis jenis karyawan yang dipekerjakan dan gaji mereka untuk mendapatkan pemahaman tentang bagaimana fungsi perusahaan.
  5. Visualisasi data interaktif: Aktif mengubah, memperbarui, dan mempelajari representasi grafis dari data dengan bantuan perangkat lunak analisis data kontemporer.
  6. Penasihat Bisnis: Memanfaatkan analisis data eksplorasi, di mana data dianalisis secara otomatis, pertanyaan diajukan, dan fakta serta solusi disajikan dalam bentuk bagan dan grafik visual lainnya dalam konteks bisnis.
  7. Penyortiran data: Membuat proyek tingkat pemula dan mengurutkan data sesuai kebutuhan menggunakan pendekatan ilmu data seperti statistik, pemrograman, intuisi data, dan perselisihan data.