*/?>

5 Fungsi Microsoft Excel Yang Wajib Dikuasai Mahasiswa

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 11 Jan 2023
Sumber gambar : freepik
Sumber gambar : freepik

Microsoft Excel adalah salah satu perangkat lunak yang sudah diajarkan di sekolah dasar, dibawa ke dunia kuliah dan akan terpakai di dunia profesional. Sudah wajib bagi kamu yang ingin sukses di dunia perkantoran (terutama di dunia bisnis), supaya memiliki kemampuan yang baik dalam memanfaatkan fitur Microsoft Excel. Hal ini dikarenakan, Microsoft Excel menawarkan opsi luas dalam lini pengolahan data - mereka yang punya pengetahuan di bidang ini banyak dicari perusahaan.

Berikut ini 5 hal yang wajib kamu, mahasiswa, kuasai di Microsoft Excel agar sukses tak hanya di kelas namun di dunia kantor nantinya melansir dari The Fu Foundation School of Engineering and Applied Science!

5 Fungsi Microsoft Excel Yang Wajib Dikuasai Mahasiswa

Fungsi Statistik

Fungsi pemodelan statistik Excel mencakup alat perangkat lunak untuk memudahkan pengguna membuat histogram, menghasilkan angka acak, menemukan korelasi antara kumpulan data, mengukur peringkat dan persentil, melakukan regresi, dan menilai pengambilan sampel. Menggunakan Excel untuk melakukan pemodelan statistik dapat mengurangi human error yang terkadang terlibat dalam analisis statistik.

Forecasting Data

Jika pengguna memiliki data historis dan berbasis waktu yang butuh dianalisa, mereka dapat menggunakan Excel untuk membuat prakiraan dan prediksi kinerja di masa mendatang. Pengguna dapat membuat data ini pada tingkat yang lebih tinggi dan lebih rendah untuk tingkat probabilitas yang berbeda — kemampuan Excel ini penting bagi bisnis yang ingin memprediksi lintasan saham, memperkirakan pertumbuhan upaya penjualan mereka, atau memahami perubahan ekonomi.

Tabel pivot

Tabel pivot dapat secara otomatis memberi penggunanya ringkasan cepat data dalam spreadsheet dengan mengelompokkan data yang cocok. Misalnya, tabel pivot dapat dengan cepat membuat grafik data penjualan menurut produk, kinerja keuangan menurut jenis investasi, atau bobot berbagai item dalam inventaris. Tabel ini dapat digunakan untuk menghitung, mengurutkan, menjumlahkan, atau rata-rata data yang diambil dari satu spreadsheet besar dan rumit.

VBA dan Makro

Visual Basic for Applications in Office (VBA) adalah bahasa pemrograman yang dibuat oleh Microsoft untuk memperluas dan mengotomatisasi kemampuan Excel dan perangkat lunak Office lainnya. VBA digunakan untuk mengotomatiskan fungsi apa pun yang dapat pengguna lakukan di Excel dan memungkinkan mereka menyimpan kode yang dihasilkan sebagai makro untuk digunakan berulang kali - dapat secara dramatis meningkatkan efisiensi saat mereka memiliki tugas berulang atau perlu membersihkan data di seluruh rentang spreadsheet dalam waktu yang cepat. 

Model Historic Stock Trends

Excel menawarkan tipe pengolahan data saham yang dibuat khusus untuk menarik data kinerja saham saat ini dan historis. Dengan memodelkan variasi saham dan instrumen, pengguna dapat menerima representasi penilaian saham saat ini dan dari waktu ke waktu. Dengan menggunakan tipe data saham yang sesuai, pengguna dapat memasukkan harga yang ada serta nama perusahaan, jumlah karyawan, dan data kunci lainnya yang dapat digunakan untuk melakukan pemodelan saham yang sempurna.