*/?>

4 Tips Pola Makan Sehat Untuk Mahasiswa

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 13 Jan 2023
Sumber gambar : Purdue University
Sumber gambar : Purdue University

Ketika merantau sendiri untuk lanjut kuliah, kita terkadang lupa bahwa kesehatan tubuh itu penting. Kita terlalu sibuk hingga lupa ada pola makan sehat yang harus dijaga - jika sudah keluar jalur, bisa bahaya karena dampaknya yang berkepanjangan pada fungsi tubuh. Pola makan sehat ini, kemudian, menjadi salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan meskipun rasanya terdengar sepele.

Nah, menjaga pola makan sehat ini mudah. Kita hanya perlu memastikan bahwa makanan yang kita konsumsi mengandung unsur-unsur yang baik bagi tubuh. Lebih lengkapnya, bisa lihat di 4 tips menjaga pola makan sehat di bawah ini!

4 Tips Pola Makan Sehat Untuk Mahasiswa

Menerapkan Diet Seimbang

Makan makanan yang sehat berarti kamu mendapatkan keseimbangan protein, lemak, dan karbohidrat, bersama dengan vitamin dan mineral. Aturan praktis yang baik untuk makan makanan yang seimbang adalah dengan mengkonsumsi sekitar 1-2 porsi sayuran atau buah setiap kali makan, bersama dengan satu porsi lemak, pati (seperti gandum utuh, kacang-kacangan, atau sayuran bertepung) dan beberapa protein (kacang-kacangan, tahu, ayam, ikan, kalkun, telur, yogurt, dll).

Konsumsi Kalsium Tambahan

Kalsium sangat penting untuk pembekuan darah, fungsi otot dan saraf, kesehatan gigi, dan tulang yang kuat. Susu dan dairy products adalah sumber kalsium yang paling sederhana. Campur greek yogurt dengan beri segar, kacang-kacangan, dan madu, atau minumlah segelas susu. Keju juga merupakan sumber kalsium yang sangat baik. Satu porsi keju hanya sekitar satu ons (seukuran dua dadu).

Minum Banyak Air Putih

Tubuh membutuhkan air untuk tetap terhidrasi dan berenergi. Bawalah botol air yang dapat digunakan kembali di kampus dan isi ulang sesering mungkin atau kamu bisa membeli sebotol air saat perjalanan ke kampus jika kamu lupa membawa air dari rumah. Minum air putih tak hanya menambah fokus otak, tetapi juga menjaga tubuh tetap sehat dan kulit terlihat lebih segar. 

Pilih Camilan Sehat

Tahu kah kamu kalah makanan ringan atau camilan bisa menjadi cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak nutrisi? Makan camilan bergizi adalah cara yang bagus untuk menambah nutrisi bermanfaat seperti vitamin, mineral, dan serat. Makanan ringan yang seimbang dapat memberimu energi yang baik. Kamu bisa coba mulai makan dried seed, buah, popcorn, dan rice cakes sebagai camilan.