*/?>

Sains Di Balik Teknologi Kapal Selam

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 16 Jan 2023
Sumber gambar : AsiaTimes
Sumber gambar : AsiaTimes

Gagasan bepergian di bawah air laut di dalam kapal yang berisi telah ada selama berabad-abad. Legenda mengatakan Alexander The Great telah berkelana di bawah perairan Laut Aegea di dalam tong kaca sekitar tahun 333 SM lalu. Dia dilaporkan telah melihat paus dan kehidupan laut dalam dalam perjalanan bawah airnya.

Kini, menyelam dalam wilayah laut yang tak terhingga bukan lagi hal yang hanya dapat dilakukan oleh segelintir orang saja. Teknologi memungkinkan penyelaman dalam laut tak lagi mustahil dengan teknologi kapal selam yang makin maju karena perkembangan sains yang juga semakin maju.

Awal Munculnya Kapal Selam

Berikut beberapa timeline perkembangan kapal selam sampai perang dunia kedua:

  1. Pada tahun 1578 A.D., perwira angkatan laut Inggris William Bourne menggambarkan kapal berbingkai kayu yang dilapisi kulit tahan air, yang dapat didayung di bawah air. Ciptaan Bourne tidak pernah terwujud.
  2. Pada tahun 1904, Prancis membangun Aigrette, kapal selam pertama yang menggunakan mesin diesel di permukaan dan mesin listrik di bawah.
  3. Amerika Serikat menciptakan kapal selam pertama pada tahun 1911 yang diberi nama Skipjack, ditenagai oleh diesel, bukan mesin gas.
  4. DSV ALVINCornelius J. Drebbel, seorang Belanda yang lahir pada tahun 1572 mematenkan penemuan kapal selamnya pada tahun 1598. Kapal selamnya berhasil diuji di Sungai Thames dan berlayar di kedalaman hampir 15 kaki.
  5. Kapal selam pertama kali digunakan sebagai senjata ofensif dalam perang laut selama Revolusi Amerika (1775–83). Dinamai The Turtle oleh David Bushnell.
  6. Robert Fulton bereksperimen dengan kapal selam beberapa tahun sebelum kapal uapnya Clermont mengarungi Sungai Hudson. Pada tahun 1800, saat berada di Prancis, Fulton membangun kapal selam Nautilus di bawah hibah dari Napoleon Bonaparte. Kapal selam ini selesai pada 1801.
  7. Selama Perang Dunia I, Jerman dan U-boat mereka menguasai kedalaman laut.
  8. Pada tahun 1938, Auguste Piccard membangun bathyscaphe Trieste yang memecahkan rekor penyelaman terdalam: lebih dari 35.000 kaki ke Challenger Deep di Palung Marianas Pasifik selatan, titik terdalam yang dikenal di samudra.
  9. Inggris mengembangkan radar dan sonar selama Perang Dunia II. Penemuan ini sangat meningkatkan kemampuan kapal selam.

Bagaimana Kapal Selam Bekerja

Kapal selam dapat mengapung karena berat air yang didorong keluar dari kapal sama dengan berat kapal itu sendiri. Perpindahan air ini menciptakan gaya ke atas yang disebut gaya apung dan bekerja berlawanan dengan gravitasi, Hal ini menyebabkan kapal tertarik ke bawah air. Tidak seperti kapal lainnya, kapal selam dapat mengontrol daya apungnya, sehingga memungkinkannya tenggelam dan muncul ke permukaan sesuka hati.

kapal selam

Untuk mengontrol daya apungnya, kapal selam memiliki tangki pemberat yang dapat diisi air atau udara secara bergantian. Saat kapal selam berada di permukaan, tangki pemberat diisi dengan udara dan kerapatan keseluruhan kapal selam lebih kecil dari massa jenis air di sekitarnya. Saat kapal selam menyelam, tangki pemberat dibanjiri air dan udara di dalam tangki pemberat. Lalu air dan udara ini dikeluarkan dari kapal selam sampai kerapatan keseluruhannya lebih besar dari air di sekitarnya dan kapal selam mulai tenggelam. Pasokan udara terkompresi dipertahankan di atas kapal selam dalam termos udara untuk digunakan dengan tangki pemberat. Selain itu, kapal selam memiliki set "sayap" pendek yang dapat digerakkan yang disebut pesawat terbang air di buritan (belakang) yang membantu mengontrol sudut penyelaman.

Fungsi Kapal Selam Di Era Modern

Meskipun perang dunia telah berakhir, kekuatan militer tetap ada di setiap negara untuk menjaga wilayah kenegaraan dari invasi negara lain. Maka dari itu, fungsi kapal selam sedikit banyak tetap sama dengan pada masa perang. Berikut fungsi kapal selam menurut Wakil Laksamana Peter Jones, Laksamana Muda James Goldrick dan Komodor Jack McCaffrie dari Kelompok Studi Angkatan Laut UNSW Canberra, Australia:

  • Bentuk: karena kemampuan jarak jauh dan bentuk silumannya, kapal selam dapat menjadi alat yang berguna untuk pengawasan dan pengumpulan intelijen.
  • Deter: kepemilikan kekuatan kapal selam yang mumpuni dapat bertindak sebagai pencegah bagi negara lain meningkatkan risiko yang terkait dengan operasi apa pun yang direncanakan terhadap negara tersebut.
  • Menanggapi: kapal selam dapat menyerang armada permukaan, dan kapal dagang yang menggunakan torpedo, rudal, atau ranjau. Jika dilengkapi dengan rudal serangan darat, kapal selam juga bisa menyerang sasaran darat.

Kisaran tugas yang dapat dilakukan oleh kapal selam meliputi:

  • pengawasan
  • pengumpulan intelijen
  • pengerahan Pasukan Khusus
  • pertambangan
  • peperangan darat
  • perang anti-permukaan

Sumber: