*/?>

4 Tips Agar Tak Bosan Di Kelas

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 17 Jan 2023
Sumber gambar : freepik
Sumber gambar : freepik

Kebosanan itu musuh terbesar bagi mahasiswa. Rasanya sih tahu kalau semua kelas itu penting. Tapi selalu ada satu dan lain hal yang menyebabkan otak rasanya ingin tidur saja karena materi yang dibawakan sangat lamban atau terlalu sulit sehingga muncul rasa bosan tersebut. Apapun penyebabnya, rasa bosan di kelas bak benalu yang sering muncul di kalangan mahasiswa, tak terkecuali bagi mahasiswa yang paling goal-driven sekalipun.

(Baca juga: Mahasiswa, Cek Tips Agar Tak Ketiduran Di Kelas Di Sini!)

(Baca juga: 5 Profesi Buat Kamu yang Gampang Bosan!)

Rasa bosan di kelas ini harus diatasi supaya kita tidak ketiduran di kelas dan sama sekali tak mendengar materi kuliah hari itu. Kita tetap harus terjaga juga supaya dosen tak naik pitam dan memvonis gagal kita sehingga kita harus mengulang kelas. Nah, bagaimana cara melawan rasa bosan di kelas? Cek 4 tipsnya di artikel kali ini! 

4 Tips Agar Tak Bosan Di Kelas

Mencatat Bahan Kuliah

Sangat mungkin kedapatan dosen yang terlalu serius dengan mata kuliah yang juga tak ada enak-enaknya sama sekali, kalkulus misalnya. Saat berada di kelas ini, mau fokus jadi susah - bahasannya bukan topik favoritmu. Lalu caranya agar tak bosan? Mulailah mencatat. Kegiatan ini akan membantumu mengalihkan perasaan bosanmu menjadi fokus. Ingat tujuan akhirmu adalah lulus dari kelas ini tanpa harus mengulang di semester depan! Kamu harus menghadiri kelas online? Baca 5 Tips Jitu Tetap Fokus di Kelas Online!.

Membaca dengan Seksama

Cara lain agar tidak bosan adalah membaca - entah membaca bagian yang sedang dibahas, atau iseng membaca bab-bab baru yang menarik perhatianmu. Tujuannya agar kamu lupa kalau kamu merasa bosan dan melatih otakmu untuk tetap aktif. Kamu bisa coba menggunakan teknik membaca SQ3R (Baca: Memahami Isi Bacaan Lebih Efektif Dengan Teknik SQ3R) untuk lebih memahami isi teks atau membaca cepat atau skimming (Baca: Teknik Membaca Cepat: Skimming & Ingin Membaca Cepat Tapi Akurat? Ini Tipsnya!). Pilihlah satu yang kamu rasa paling menyedot perhatianmu dari kebosanan.

Menggambar Untuk Menghabiskan Waktu

Sudah jadi kebiasaaan umum kalau menggambar bisa membuat waktu terasa lebih cepat. Di kelas yang sangat membosankan, kegiatan ini bisa jadi penyelamat. Kamu bisa menggambar di buku tugasmu atau di kertas terpisah - di mana pun asal gambar tersebut tidak merusak konsentrasimu ketika kamu harus membuka buku itu lagi untuk belajar menghadapi ujian. 

Komunikasikan dengan Dosen

Mintalah perubahan cara penyampaian kelas. Misalnya, jika kamu selalu mendapatkan lembar kerja, tanyakan kepada dosenmu apakah mungkin untuk belajar dengan cara lain, seperti membaca di kelas, menonton video, melakukan percobaan atau mengunjungi lokasi-lokasi baru yang dapat menunjang pembelajaran. Dosen biasanya belum menyadari bahwa ada kelebihan dari satu gaya penyajian materi kepada mahasiswanya di kelas, dan hanya menarik perhatian pada bagaimana kelasnya akan berhasil dengan cara lama. Kamu bisa memberi saran-saran ini untuk kelas yang lebih menarik.