*/?>

4 Manfaat Mendengarkan Musik Saat Belajar

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 17 Jan 2023
Sumber gambar: freepik
Sumber gambar: freepik

Mendengarkan musik bisa jadi hobi, bisa jadi pengantar tidur dan bisa jadi teman saat belajar. Kalau bicara soal teman saat belajar, ternyata musik tak hanya membuat mood naik saat belajar. Musik juga punya keuntungannya untuk merangsang otak sehingga fungsinya maksimal saat harus menyerap informasi-informasi baru. Itu artinya, kamu boleh kok mendengarkan musik saat belajar menghadapi ujian!

(Baca juga: 5 Konsentrasi Studi Jurusan Musik Yang Cocok Untuk Pecinta Musik)

Berikut ini 4 manfaat mendengarkan musik saat belajar yang bisa kamu cek. Siapa tahu membantumu makin pede belajar 'sambil bersenang-senang' tanpa harus merasa kamu harus terlalu fokus tiap saat!

4 Manfaat Mendengarkan Musik Saat Belajar

Membantu Otak Menginterpretasi Informasi

Menurut sebuah studi tahun 2007, musik — khususnya musik klasik — dapat membantu otak menyerap dan menginterpretasikan informasi baru dengan lebih mudah. Musik dapat melibatkan otak sedemikian rupa sehingga melatihnya untuk lebih memperhatikan peristiwa dan membuat prediksi tentang apa yang mungkin terjadi sehingga proses penalaran otak pada informasi baru juga lebih mudah.

Membantu Mengurangi Stres

Musik dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan pola pikir yang lebih positif. Pada 2013, 60 sukarelawan melakukan tes stres psikologis sambil mendengarkan musik yang menenangkan. Hasilnya menunjukkan bahwa mendengarkan musik yang menenangkan membuat perbedaan fisik pada cara orang merespons secara psikologis dan fisik — di bawah tekanan. Pada konteks pendidikan, penelitian menunjukkan bahwa suasana hati yang baik umumnya meningkatkan hasil belajar.

Membantu Meningkatkan Ingatan

Studi di 2014 menyimpulkan bahwa mendengarkan musik klasik membantu orang lebih baik dalam tugas memori dan pemrosesan informasi. Temuan ini juga menunjukkan jenis musik tertentu dapat membantu meningkatkan kemampuan menghafal dan fungsi kognitif lainnya. Musik membantu merangsang otak mirip dengan cara olahraga membantu merangsang tubuh. Memberi otak latihan kognitif  dengan musik dapat membantu memperkuat otak.

Membantu Meningkatkan Motivasi Belajar

Penelitian dari tahun 2019 menunjukkan bahwa musik dapat mengaktifkan pusat penghargaan yang sama di otak manusia seperti hal-hal lain yang kamu sukai. Menghadiahi diri sendiri dengan musik favorit dapat memberikan motivasi yang kamu butuhkan saat kamu diharuskan mempelajari informasi baru yang rumit. Kamu bisa mendengarkan lagu favoritmu selama istirahat belajar atau bahkan selama masa belajarmu agar kamu dapat termotivasi untuk belajar lebih giat.