*/?>

3 Tips Memilih Sekolah Vokasi Yang Cocok Untukmu

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 23 Jan 2023
Sumber gambar : Freepik
Sumber gambar : Freepik

Sama seperti ketika kita harus memilih universitas yang sesuai dengan tujuan karir kita, kita juga harus mempertimbangkan sekolah vokasi dengan kaca mata yang sama jeli. Tentu saja, kita ingin masuk ke sekolah vokasi yang terbaik supaya kesempatan kita mendapatkan pendidikan dan karir cemerlang jadi terbuka lebar, bukan? Maka dari itu, untuk kamu yang berniat masuk sekolah vokasi namun masih bingung harus memilih yang mana, kamu bisa mengikuti 3 tips sederhana memilih sekolah vokasi terbaik di bawah ini. Kamu dijamin akan menjatuhkan pilihan paling tepat jika sudah mengikuti 3 tips tersebut!

(Baca juga: Tips Memilih Perguruan Tinggi yang Tepat)

(Baca juga: Tips Memilih Program Studi Paling Cocok untuk Mahasiswa Baru)

Selaraskan dengan Pilihan Karir

Apakah kamu memerlukan sertifikat atau diploma? Atau apakah lebih baik memiliki gelar associate atau sarjana? kamu perlu menentukan dengan tepat tingkat pendidikan apa yang terbaik untuk karir yang ingin kamu kejar. Kamu juga dapat memilih untuk mendapatkan sertifikat sekarang sehingga kamu dapat mulai bekerja sesegera mungkin, membuka kemungkinan untuk kembali ke universitas nanti untuk mendapatkan gelar. Beberapa karir mungkin hanya memerlukan sertifikat, tetapi peluang kerjamu mungkin meningkat secara signifikan jika kamu memiliki setidaknya gelar associate.

Cek Akreditasi

Kamu harus memastikan kamu memilih sekolah vokasi yang terakreditasi. Akreditasi berarti program ditinjau oleh rekan sejawat di industri dan bahwa institusi tersebut memenuhi standar yang ditetapkan oleh sistem akreditasi pemerintah. Sekolah vokasi terakreditasi baik biasanya menawarkan berbagai layanan kepada mahasiswanya, seperti bantuan penempatan kerja, dukungan resume, teknik wawancara, bimbingan belajar, dan rujukan/wawancara pemberi kerja. Institusi terakreditasi baik ini juga akan memverifikasi bahwa institusi tersebut akan memberikan sertifikasi yang sesuai jika diperlukan.

Riset Reputasi Sekolah Vokasi Tujuan

Sebelum mendaftar di sekolah vokasi, penting untuk melakukan riset tentang reputasinya. Apa yang dikatakan pengusaha tentang lulusan sekolah ini? Apakah mitra industri bekerja sama penuh dengan sekolah ini? Sekolah vokasi adalah tentang mempersiapkan diri untuk kesuksesan di masa depan, dan sebagian darinya adalah membangun jaringan dan menjalin hubungan dengan orang yang tepat. Sebagai mahasiswa, kamu dapat memperoleh manfaat dari koneksi sekolah vokasimu dengan perusahaan dalam banyak cara, seperti dengan mengikuti program Pelatihan Lanjutan Khusus atau menghadiri pameran karir di kampus untuk bertemu dengan pemberi kerja lokal.