*/?>

5 Jurusan Kuliah Buat Si Introvert

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 25 Jan 2023
Sumber gambar : Freepik
Sumber gambar : Freepik

Seorang introvert adalah orang dengan kualitas tipe kepribadian yang merasa lebih nyaman berfokus pada pemikiran dan gagasan batin mereka, daripada apa yang terjadi secara eksternal. Mereka suka menghabiskan waktu hanya dengan satu atau dua orang, daripada kelompok besar atau orang banyak. Carl Jung selaku penemu istilah kepribadian ini menegaskan jika seorang introvert membutuhkan waktu menyendiri untuk memulihkan tenaga, dan mereka seringkali lebih tertutup dalam perilaku dan keterlibatan dengan orang lain.

(Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Buat Si Ekstrovert)

Jika kamu seorang introvert yang mencintai waktu sendiri, maka kamu otomatis ingin berkarir dan hidup dengan jalan yang sama: kamu ingin tidak harus secara aktif terus bersama orang-orang lain tanpa henti. Dan untuk mencapai posisi ini, kamu harus memilih jurusan di bangku kuliah yang sesuai agar setelah lulus bisa bekerja di bidang yang paling introvert. Apa saja pilihan jurusan untuk kamu si introvert? Yuk cek di sini!

5 Jurusan Untuk Mahasiswa Introvert

Desain Grafis

Jurusan desain grafis berfokus pada pembelajaran tentang penciptaan seni untuk tujuan seperti iklan atau logo perusahaan. Jurusan ini akan mempersiapkan mahasiswanya untuk menerapkan teknik artistik dan komputer untuk interpretasi konsep teknis dan komersial. Termasuk instruksi dalam seni dan desain berbantuan komputer, seni grafis, sketsa konsep, gambar teknik, teori warna, pencitraan, teknik studio, pemodelan benda mati dan kehidupan, aplikasi multimedia, keterampilan komunikasi, dan operasi bisnis seni komersial. Mahasiswanya akan mengambil kelas utama desain grafis, tetapi juga harus mengambil kelas seni, sains, matematika, dan ilmu sosial untuk mendapatkan gelar sarjana. 

Ilmu Kimia

Jurusan ilmu kimia adalah jurusan yang berfokus pada studi ilmiah tentang komposisi dan perilaku materi, termasuk struktur mikro dan makronya, proses perubahan kimia, dan deskripsi teoretis dan simulasi laboratorium dari fenomena ini. Di jurusan ini, mahasiswanya akan didorong untuk belajar mengembangkan perbaikan pada obat-obatan, proses pembuatan, dan tindakan kesehatan dan keselamatan. Mereka yang tertarik pada pemecahan masalah, sifat kimia, dan analisis kritis akan menemukan profesi yang menarik dan bermanfaat jika masuk ke jurusan kimia. Lulusan jurusan ilmu kimia dapat berkarir di berbagai industri, seperti teknik, teknologi, perawatan kesehatan, dan farmasi, dsb.

Akuntansi

Jurusan akuntansi akan memberi keterampilan strategis yang dibutuhkan mereka yang ingin menjadi di bidang bisnis, termasuk: Audit, Penganggaran, Analisis dan Pelaporan Keuangan, dan pemahaman tentang Akuntansi Publik. Mahasiswanya akan mendapatkan pendidikan yang kuat dalam administrasi bisnis, mendalami seluk-beluk teknis akuntansi dan mengembangkan keterampilan lain yang diperlukan dalam peran akuntansi, seperti berbicara di depan umum dan sistem informasi. Mahasiswa yang ingin belajar akuntansi harus tertarik pada angka, komunikasi informasi keuangan, keuangan perusahaan, program perangkat lunak, dan analitik data.

Jurnalisme

Jurusan jurnalisme memberi mahasiswanya pengalaman praktis dalam mengumpulkan sumber yang kredibel, menentukan kebenaran, menulis secara ringkas dan efektif, dan menyampaikan cerita yang berharga dan menarik kepada publik. Jurusan ini melatih individu untuk meneliti dan mengkomunikasikan informasi kepada publik dengan cara yang bertanggung jawab dan koheren. Setelah lulus dan menjadi wartawan, mereka akan dituntut untuk menyampaikan informasi melalui video online, siaran televisi, dan media cetak. Mereka biasanya melaporkan peristiwa terkini dan mengeksplorasi isu-isu seperti rasisme institusional, genderisme, dan klasisme di tingkat lokal, nasional, dan internasional dengan melaporkan berita berbasis bukti.

Rekayasa Perangkat Lunak

Mahasiswa jurusan rekayasa perangkat lunak harus mengembangkan kemampuan teknis yang kuat melalui paparan berulang terhadap berbagai teknologi baru dan tradisional. Mereka akan mempelajari prinsip-prinsip inovasi teknis dengan menelusuri sejarah komputer dan perangkat lunak hingga sistem saat ini dan seterusnya lalu mengajarkan mahasiswanya untuk berpikir kritis tentang masalah yang dihadapi perusahaan dan konsumen. Mahasiswa jurusan rekayasa perangkat lunak sering mendapatkan kesempatan paling awal untuk bereksperimen dengan teknologi baru. Banyak inovasi teknis berasal dari percobaan di perguruan tinggi dan universitas teknik besar.