*/?>

Mengenal Program Studi Ilmu Tanah

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 25 Jan 2023
Sumber gambar : NC State University
Sumber gambar : NC State University

Tanah adalah sumber kehidupan yang tak pernah lepas dari manusia. Tanah yang sehat akan berdampak pada bumi dan kehidupan yang sehat pula. Oleh karena itu, menjaga agar tanah tetap dapat menjadi lahan produktif manusia yang bebas dari penyakit, keilmuan tentang tanah pun tumbuh. Kebutuhan akan ahli di bidang ini pun ikut naik sehingga wajar jika perguruan tinggi berusaha mencetak mahasiswa piawai di jurusan Ilmu Tanah. Dan untuk mengenal bidang ini lebih dekat, berikut pengenalan terhadap Ilmu Tanah dari kacamata pendidikan tinggi!

Sekilas Jurusan Ilmu Tanah

Ilmu tanah adalah ilmu sumber daya alam yang dikhususkan untuk mempelajari lapisan tipis litosfer (kerak) bumi yang bertanggung jawab untuk mendukung kehidupan. Jurusan Ilmu Tanah menyediakan pendidikan sarjana dan pascasarjana dalam aspek lingkungan, pertanian, dan sumber daya alam tanah. Area pembelajaran meliputi ekologi tanah; pengelolaan erosi tanah; kesuburan tanah dan nutrisi tanaman; karakterisasi fisik dan kimia tanah; biogeokimia; tanah perkotaan; karbon tanah; kesehatan tanah; kontaminan tanah; pengelolaan sampah; ilmu pengetahuan tanah; dan analisis penggunaan lahan.

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Tanah

Berikut beberapa mata kuliah jurusan Ilmu Tanah melampir mata kuliah di Universitas Halu Oleo:

  1. Geologi dan Mineralogi > Mata Kuliah ini akan membahas tentang kebumian dalam kaitannya dengan tanah dan pertanian. Ilmu mineralogi akan membahas tentang komponen penting yang membangun tubuh tanah.
  2. Fisika Tanah > Mata kuliah ini berisikan materi tentang pendahuluan; tanah sebagai suatu sistem yang heterogen; tekstur tanah; struktur tanah; warna dan suhu tanah; tata udara dan udara tanah; Karakteristik udara; kemantapan agregat; konsistensi tanah; tipe pelapukan dan sifat-sifat utama profil tanah.
  3. Kimia Tanah >  Mata kuliah ini berisikan materi tentang pendahuluan; Analisa kualitatif dan kuantitatif (Asidisi alkalimetri, permanganometri, iodometri, argentometri, redoks, kesadahan air, gravimetri, komplesksometri, dan potensiometri), Struktur kimia bahan organik dan turunannya
  4. Biologi Tanah >  Matakuliah ini membahas konsep dan prinsip dasar dalam biologi tanah dan mikrobiologi tanah tropis utamanya tanah-tanah perdesaan, pesisr dan pulau-pulau kecil di Sulawesi Tenggara dan Indonesia.
  5. Pedogenesis dan Kalsifikasi Tanah > Mata kuliah ini menjelaskan konsep dasar dan cara mempelajari genesis tanah, Profil, Pedon dan polipedon; morfologi tanah; mikropedologi; sifat fisik, kimia dan mineralogi dalam genesis tanah.
  6. Geomorfologi dan Analisis Landskap >  Mata kuliah ini membahas tentang pengertian bentuk lahan dan proses perkembangan bentang lahan yang terjadi baik pada masa lalu, masa sekarang dan prediksi pada masa yang akan datang yang sangat berguna dalam menentukan keragaman tanah.

Profesi Lulusan Ilmu Tanah

Lulusan dari jurusan Ilmu Tanah dapat berprofesi menjadi:

  • Konsultan gronomi atau lingkungan
  • Bioteknolog
  • Penasihat tanaman
  • Manajer peternakan
  • Peneliti perusahaan atau akademis
  • Pengelola lapangan turfgrass/golf
  • Surveyor tanah
  • Ahli konservasi tanah
  • Pengelola penggunaan lahan
  • Pakar kesuburan tanah
  • Teknolog riset