*/?>

6 Website Rekomendasi Untuk Belajar Bahasa Jepang

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 26 Jan 2023
Sumber gambar : freepik
Sumber gambar : freepik

Bahasa Jepang adalah bahasa yang menarik. Apalagi kita sudah terpapar anime, musik dari band jepang, film, serta budayanya sehari-hari. Hal ini menimbulkan rasa kalau bisa berbahasa jepang itu keren. Dan seperti bahasa kedua lainnya, belajar bahasa jepang bisa jadi rumit jika kita tak menemukan tempat belajar yang sesuai. 

Tapi tenang, berikut beberapa rekomendasi website di mana kamu bisa belajar bahasa jepang secara gratis, dan praktis. Yuk cek segera di artikel kali ini!

6 Website Rekomendasi Untuk Belajar Bahasa Jepang

Japanese From Zero!

Japanese From Zero! diciptakan oleh pelajar Jepang bernama George Trombley yang fasih berbahasa Jepang dan menjadi juru bahasa untuk perusahaan seperti Microsoft dan IBM. Kursus pertama, yang terdiri dari 13 pelajaran lengkap, tersedia secara gratis dengan mendaftar di situs web. Empat kursus tambahan harus dibeli baik dalam format online atau buku teks. Namun, jika ingin mencari sesuatu yang benar-benar gratis, kursus online dan buku teks didukung oleh Japanese From Zero! di saluran Youtube.

JapanesePod101

JapanesePod101 mudah digunakan dan bagus untuk pelajar visual atau auditori, karena mengajarkan penggunanya dengan video dan klip audio. JapanesePod101 juga menyertakan kartu flash kosakata dan bank kata untuk benar-benar mempersonalisasi pengalaman belajar pegguna dan membantu pengguna fokus pada kata-kata yang sulit dipahami.

FluentU

FluentU adalah program pembelajaran berbasis video yang menggunakan video asli penutur Jepang sebagai dasar sistem pembelajarannya. Video yang menjadi bahan belajar adalah klip pendek dari drama Jepang, program olahraga, laporan berita, adegan film, dan banyak lagi. Setiap video memiliki subtitel interaktif. Pengguna dapat mengeklik kata yang tidak dikenal untuk melihat definisi bahasa Inggris, contoh kalimat, dan video lain yang menampilkan kata tersebut.

CosCom Japanese

CosCom Japanese menawarkan pelajaran to-the-point yang berfokus pada semua dasar bahasa Jepang. Dasar-dasar ini mencakup topik kosa kata dan tata bahasa dan menangani sistem penulisan bahasa Jepang. CosCom juga menawarkan tambahan yang tak ternilai untuk pelajaran mereka seperti pembaruan berita dunia singkat dalam bahasa Jepang sederhana, 200 kata kerja bahasa Jepang yang paling umum, dan instruksi tentang cara mengetik hiragana, katakana, dan kanji di komputer.

Japanese-Lesson.com

Japanese-Lesson.com menawarkan 10 pelajaran gratis yang mencakup kata-kata dan frasa penting bahasa Jepang untuk pemula. Setiap pelajaran berfokus pada frasa dan kata yang terkait dengan topik pelajaran tertentu dan menyertakan file audio untuk istilah kunci. Pelajaran juga mencakup penjelasan tata bahasa dan budaya di bawah bagian "Tips", dan ada tiga latihan berbeda untuk membantu memperkuat pengetahuan pengguna di setiap pelajaran.

edX

Dimulai oleh Harvard dan MIT, edX menawarkan kursus berkualitas tinggi dalam berbagai topik—termasuk bahasa Jepang—dari universitas di seluruh dunia. Kursus bahasa Jepang edX disajikan atas izin Universitas Waseda di Jepang. Ada dua tingkat kursus pemula mendalam yang diajarkan dalam bahasa Inggris oleh para profesor yang antusias. Siswa memiliki opsi untuk mendaftar ke kelas individu atau membeli kursus program tiga bagian lengkap.