*/?>

Mengenal Program Studi Sistem Informasi

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 31 Jan 2023
Sumber gambar : Freepik
Sumber gambar : Freepik

Sekilas Jurusan Sistem Informasi

Sistem Informasi adalah suatu disiplin yang berfokus pada bagaimana mengintegrasikan solusi Teknologi Informasi dengan proses bisnis agar dapat memenuhi kebutuhan dan tujuan bisnis dan organisasi secara lebih efektif dan efisien. Disiplin Sistem Informasi menekankan Teknologi Informasi pada aspek informasi dan mengkaji teknologi sebagai sarana pengumpulan, pengolahan, dan pendistribusian informasi.

Lulusan sistem informasi sangat diminati, dan kebutuhannya terus meningkat. Di jurusan ini, mahasiswanya akan belajar cara membuat aplikasi berbasis web, aplikasi ponsel pintar, dan bagaimana web, ponsel, pemroses kartu kredit, printer, dll semuanya terhubung - semua untuk kemajuan bisnis.

Mata Kuliah Jurusan Sistem Informasi

Mata kuliah jurusan Sistem Informasi di antaranya sebagai berikut - melansir dari mata kuliah di Universitas Multimedia Nusantara:

  1.  Perencanaan Sumber Daya Perusahaan
  2.  Manajemen Proyek Teknologi Informasi
  3.  Manajemen Pengadaan dan Investasi Teknologi Informasi
  4.  Manajemen Risiko Teknologi Informasi
  5. Keamanan Aset Informasi
  6.  Analisis dan Desain Perangkat Lunak
  7. Desain dan Manajemen Jaringan Komputer
  8. Desain dan Manajemen Proses Bisnis
  9. Bahasa Pemrograman
  10. Sistem dan Teknologi Informasi

Keahlian dan Prospek Kerja Lulusan Sistem Informasi

Berikut dua keahlian utama yang lulusan sistem informasi akan miliki dan dapat diterapkan dalam dunia kerja:

  1. Lulusan jurusan Sistem Informasi memperhatikan informasi apa yang dapat disediakan oleh sistem komputer untuk mendukung dan membantu organisasi mencapai tujuannya dan proses apa yang dapat dilakukan atau ditingkatkan organisasi dalam penggunaan Teknologi Informasi. Oleh karena itu, mereka harus memahami secara mendalam baik faktor teknis maupun organisasional, serta mampu membantu organisasi menentukan bagaimana proses bisnis berbasis informasi dan teknologi dapat menghasilkan keunggulan kompetitif organisasi.
  2. Lulusan jurusan Sistem Informasi berperan aktif dalam analisis kebutuhan sistem informasi organisasi, termasuk dalam proses perumusan spesifikasi, perancangan, dan implementasi sistem informasi. Oleh karena itu, seorang profesional Sistem Informasi harus memiliki pengetahuan dan pengalaman yang mendalam terkait dengan konsep dan praktik bisnis / organisasi sehingga mereka mampu bertindak sebagai jembatan yang efektif antara unit teknis atau staf dan manajemen dalam suatu organisasi, dan akhirnya memungkinkan teknis dan tim manajemen bekerja sama untuk memastikan ketersediaan informasi dan sistem pendukung operasional organisasi.

Keahlian di bidang sistem informasi dapat membuka peluang untuk profesi seperti: Database administrator, Global information systems officer, Information systems manager, Information technology consultant, Multimedia programmer, Network administrator, Process analyst, Systems developer, Systems analyst.