*/?>

Yuk Cek 14 Jurusan Akreditasi A di UAJY, 3 Diantaranya Akreditasi Unggul

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 01 Feb 2023
Sumber gambar : UAJY
Sumber gambar : UAJY

Saat membayangkan kata Yogyakarta, dan universitas swasta, sudah pasti nama Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) jadi salah satu pilihan yang tak terelakkan. Universitas yang berlokasi di Babarsari ini menyajikan pendidikan tinggi mumpuni dengan pengalaman kuliah yang menyenangkan. Tak heran, calon mahasiswa yang tak tertarik dengan universitas negeri (PTN), sudah pasti memasukkan UAJY dalam daftar universitas tujuannya tahun ini.

Nah, ketika berbicara tentang pendidikan tinggi mumpuni, tentu ada keterkaitannya dengan akreditasi. Apa itu akreditasi? Akreditasi, khususnya di perguruan tinggi, adalah proses kolegial berdasarkan self and peer assesment. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas akademik dan akuntabilitas publik. (Baca selengkapnya di Apa itu Akreditasi?). Universitas dengan akreditasi yang baik menunjukkan kalau universitas tersebut layak, dan punya mutu yang baik. Sangat penting melihat akreditasi universitas sebelum masuk ke jurusan pilihanmu.

UAJY sebagai institusi berakreditasi A dengan terdapat total 3 jurusan akreditasi Unggul, 14 jurusan akreditasi A, dan 2 jurusan akreditasi B. Jurusan-jurusan apa saja yang masuk kategori Unggul, A dan B? Cek pembagiannya di bawah ini!

Jurusan Akreditasi A di UAJY

Melansir dari laman resmi UAJY, terdapat tiga jurusan yang masuk kategori akreditasi Unggul, yaitu: Biologi S1, Teknik Industri S1, dan Teknik Sipil S1. Sisanya masuk ke dalam kategori akreditasi A, yaitu:

  1. Akuntansi S1
  2. Manajemen S1
  3. Manajemen S2
  4. Ekonomi Pembangunan S1
  5. Hukum S1
  6. Hukum S2
  7. Ilmu Komunikasi S1
  8. Sosiologi S1
  9. Arsitektur S1
  10. Sistem Informasi S1
  11. Teknik Sipil  S2
  12. Informatika S2
  13. Arsitektur S1
  14. Arsitektur S2

Ada pula jurusan yang masih masuk akreditasi B di UAJY, yaitu: Ilmu Komunikasi S2, dan Teknik Industri S2. Tidak ada jurusan akreditasi C.