*/?>

Mengenal Program Studi Teknik Kelautan

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 09 Feb 2023
Sumber gambar : NSCC
Sumber gambar : NSCC

Sekilas Jurusan Teknik Kelautan

Jurusan Teknik Kelautan menekankan pembelajaran teknik di sektor kelautan dan industri terkait kelautan. Kelas-kelas di jurusan teknologi kelautan biasanya mencakup desain, pemeliharaan, operasi, produksi dan pengelolaan sistem teknologi kelautan. Mahasiswanya akan mempelajari arsitektur angkatan laut, sistem bantu kelautan, elektronik kelautan, pabrik propulsi diesel, bahan konstruksi kelautan, teori mekanika fluida, perpindahan panas, listrik dan optik, dan dasar-dasar teknik kelautan, struktur lepas pantai, hidrodinamika lepas pantai dan pesisir, desain dan produksi struktur lepas pantai, energi laut dan lingkungan air laut, teknik dan manajemen pesisir dan pelabuhan.

Pada akhir pembelajaran, mahasiswa jurusan teknik kelautan akan mampu memahami karakter, fenomena dan proses fisika, kimia, biologi dan geologi kelautan dengan memanfaatkan metode dan teknologi penginderaan jauh dan akustik kelautan untuk mengeksplorasi sumberdaya hayati dan lingkungan laut.

Mata Kuliah Jurusan Teknik Kelautan

Berikut beberapa contoh mata kuliah jurusan Teknik Kelautan semester III, IV, V, dan VI: 

  1. Analisis Rekayasa Dasar
  2. Mekanika Fluida
  3. Mekanika Gelombang Air
  4. Statika
  5. Mekanika Bahan
  6. Statistika & Probabilitas
  7. Metoda Numerik
  8. Geoteknik Kelautan I
  9. Geoteknik Kelautan II
  10. Bahan Bangunan Laut
  11. Pengetahuan Fisik Laut
  12. Hidrodinamika
  13. Analisis Struktur dengan Metoda Matriks
  14. Dinamika Struktur
  15. Struktur Beton Bertulang
  16. Struktur Baja
  17. Pengumpulan dan Analisis Data Lapangan
  18. Proses Pantai
  19. Akustik Bawah Air
  20. Manaj. Konstruksi Bangunan Laut

Prospek Profesi Lulusan Teknik Kelautan

Berikut beberapa profesi yang dapat lulusan teknik kelautan jajal:

  • Teknisi kelautan > Bertugas melakukan pemeriksaan bagian luar dan dalam kapal, mengidentifikasi kebutuhan perbaikan dan melakukan perbaikan untuk menjamin keselamatan kapal agar tetap beroperasi.
  • Profesor teknik kelautan > Betugas menerapkan pengalaman profesional mereka selama bertahun-tahun di bidang teknik kelautan ke ruang kelas. Insinyur kelautan mengembangkan rencana pelajaran dan berbicara di depan siswa teknik kelautan untuk membantu mereka belajar tentang bidang karir yang diinginkan dan bagaimana cara untuk berhasil.
  • Pengawas Teknisi Kelautan > Bertugas mengawasi tim kecil profesional teknik untuk melakukan instalasi, inspeksi, pemeliharaan rutin, atau perbaikan. Pengawas teknisi kelautan biasanya memiliki gelar sarjana di bidang teknik kelautan atau mesin dan memiliki pengalaman profesional beberapa tahun yang membuat mereka memenuhi syarat untuk mengawasi orang lain.