*/?>

Mengenal Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 24 Feb 2023
Sumber gambar : freepik
Sumber gambar : freepik

Sekilas Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak

Jurusan rekayasa perangkat lunak berfokus pada pembelajaran akan teknik, matematika lanjutan, dan pemrograman komputer. Mahasiswanya akan belajar mengembangkan pengkodean, manajemen basis data, dan keterampilan kerja tim - termasuk belajar mendesain dan menganalisis struktur data, algoritme, dan pengembangan klien/server. Sebagian besar mahasiswa dalam jurusan rekayasa perangkat lunak membutuhkan waktu sekitar empat tahun penuh untuk menyelesaikan pendidikannya. Setelah lulus, mereka dapat berprofesi sebagai pengembang perangkat lunak, pemrogram komputer, dan manajer teknologi informasi. Mereka juga dapat mendaftar ke program master dan doktoral di bidang rekayasa perangkat lunak dan bidang terkait.

Beberapa mata kuliah jurusan rekayasa perangkat lunak, antara lain: Konsep rekayasa perangkat lunak, Software processes, Requirement modeling, Business rules, Software design, Software documentation, Configuration management, Software quality, Software testing strategy, Software evolution, dan UML

Hard Skills Mahasiswa Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak

Berikut beberapa hard skills yang akan didapat mahasiswa jurusan rekayasa perangkat lunak:

  1. Struktur Data dan Algoritma > mahasiswa harus mempelajari bahasa pemrograman seperti C++, Java, Python, dll, dan kemudian mereka harus mempelajari pemecahan masalah menggunakan struktur data dan algoritme.
  2. Object-Oriented Programming Systems > Hampir semua bahasa pemrograman yang banyak digunakan saat ini didasarkan pada prinsip-prinsip Object-Oriented Programming Systems. Biasanya, universitas memulai perjalanan pemrograman dengan bahasa pemrograman C, C++, Java, Python, JavaScript, dll. 
  3. Database dan DBMS > Proyek apa pun yang pelajari oleh mahasiswa rekayasa perangkat lunak biasanya memerlukan pengetahuan tentang prinsip database dan DBMS. Pengetahuan tentang SQL itu penting
  4. Operating System > Konsep OS digunakan untuk mengembangkan memori dan kode efisien CPU/proses. Penting untuk memahami konsep sistem operasi dan prosesnya, multithreading, kunci, dll.

Soft Skills Mahasiswa Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak

Berikut beberapa soft skills yang akan didapat mahasiswa jurusan rekayasa perangkat lunak:

  1. Problem-solving >  Selama kuliah, mahasiswa rekayasa perangkat lunak akan belajar memecahkan banyak masalah rekayasa perangkat lunak - kode berantakan, masalah optimasi, dan banyak lagi.
  2. Komunikasi > Lulusan jurusan rekayasa perangkat lunak akan menjadi profesional yang sangat terampil di bidang teknis. Untuk memfasilitasi kolaborasi di dunia kerja dengan banyak divisi lainnya, keterampilan komunikasi baik sangat penting. Berbagi ide dan memberikan umpan balik adalah bagian dari kerja tim.
  3. Critical Thinking > keterampilan ini adalah keterampilan menganalisis informasi. Sebagian besar keterampilan ini adalah tentang memiliki pola pikir yang benar ketika dihadapkan dengan tantangan.
  4. Orientasi pada Detail > Memperhatikan detail adalah tanda etos kerja yang baik. Keterampilan ini terkait erat dengan motivasi diri. Bekerja keras untuk menyempurnakan detail kecil sering kali merupakan upaya untuk mengikuti hasrat, dan antusiasme.