*/?>

4 Jurusan Untuk Jadi Pemadam Kebakaran

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 27 Feb 2023
Sumber gambar : City of Brockton
Sumber gambar : City of Brockton

Menjadi penakluk api alias pemadam kebakaran bukanlah pekerjaan mudah. Selain bebahaya dan berpotensi menyebabkan hal-hal tak terduga lainnya, menjadi seorang pemadam kebakaran itu juga menguji keberanian. Mereka yang terjun and berprofesi sebagai pemadam kebaran, pada gilirannya, memang adalah orang-orang berani. Mereka tak pantang takut jika harus menyelamatkan kehidupan banyak orang lainnya; mungkin kamu juga terpanggil untuk berprofesi sebagai pemadam kebakaran juga.

Jika iya, lalu mulai dari mana? Tentu mulai dari pendidikan yang sesuai. Ada 4 jurusan yang bisa kamu jajal jika ingin menjadi pemadam kebakaran. Jurusan-jurusan ini unik, mungkin belum pernah kamu dengar, dan sangat langka di Indonesia. Apa saja 4 jurusan yang harus kamu jajal untuk bisa menjadi pemadam kebakaran profesional? Kamu bisa cek di sini!

4 Jurusan Untuk Jadi Pemadam Kebakaran

Fire Science

Jurusan fire science mengajarkan mahasiswanya mendeteksi bahaya, mengelola keadaan darurat, dan mengoordinasikan respons terhadap kebakaran. Mereka juga belajar tentang sejarah, teori, dan praktik pencegahan, pemadaman, dan penyelidikan kebakaran. Setelah lulus, mahasiswa jurusan fore science akan mampu menampilkan ketanggapan layanan darurat, manajemen manusia dan kelompok, serta kepemimpinan dan alokasi sumber daya. Dengan pengetahuan ini, lulusan dapat berkembang dalam beberapa karir terkait kebakaran, termasuk pemadam kebakaran.

Emergency Medical Services

Jurusan Emergency Medical Services dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pendidikan unik paramedis. Jurusan ini dibangun di atas pendidikan paramedis sebelumnya dengan memberikan latar belakang ilmu dasar yang diperlukan untuk beradaptasi dengan bidang medis yang selalu berubah. Beberapa hal yang diajarkan di jurusan ini adalah konsep perawatan medis darurat, laboratorium perawatan medis darurat, teori paramedis, dan sebagainya.

Fire Technology

Jurusan Fire Technology berfokus pada pengetahuan dan keterampilan praktis yang diperlukan untuk mencegah, melawan, dan menyelidiki kebakaran secara efektif dan aman. Petugas pemadam kebakaran, inspektur kode kebakaran, dan penyelidik kebakaran melindungi kehidupan dan harta benda melalui pemahaman mereka tentang pencegahan dan pengendalian kebakaran. Calon profesional proteksi kebakaran mungkin ingin mempertimbangkan gelar associate dalam jurusan fire technology juga.

Emergency Management and Homeland Security

Jurusan Emergency Management and Homeland Security mempersiapkan mahasiswanya dengan kemampuan kepemimpinan dan keterampilan komunikasi untuk bekerja dalam situasi krisis. Hal-hal yang dipelajari meliputi kesiapsiagaan, respon dan pemulihan selama dan setelah bahaya. Lulusan jurusan ini dapat mempersiapkan karir di bidang keamanan, kelangsungan bisnis, dan manajemen bencana di sektor publik (pemerintah kota, atau negara), organisasi nirlaba, dan industri swasta.