*/?>

Mahasiswa, Cek 5 Cara Lawan Kemalasan Ini!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 16 Mar 2023
Sumber gambar : Freepik
Sumber gambar : Freepik

Mahasiswa dan kemalasan itu tidak seharusnya sepaket. Namun, ada saja saat-saat dimana kita menjadi manusia paling malas di bumi; tidak sanggup angkat badan dari ranjang, tidak sanggup menyelesaikan tugas penelitian padahal tinggal bab kesimpulan & saran - pokoknya malas saja. Kita juga tak tahu kenapa bisa malas. Cuma tubuh saja yang rasanya tak mau bergerak.

Nah, meskipun sangat wajar kita punya hari-hari malas, kalau rasa malasnya sudah berlarut-larut, itu berbahaya. Fungsi kita sebagai mahluk hidup bisa terhenti, lalu kesehatan tubuh juga bisa terganggu, kalau misal, kita jadi malas memasak dan hanya makan mie instan yang tak direbus setiap hari. Kemalasan bisa berujung jalan buntu, maka harus dihindari, atau setidaknya dilimitasi.

Mungkin pertanyaan akan muncul: bagaimana cara melawan kemalasan? Ya, jawabannya begini, dan ada di artikel kali ini. Yuk intip 5 cara lawan kemalasan!

5 Cara Lawan Kemalasan

Ingatkan Diri Dengan Tanggung Jawab

Langkah pertama melawan kemalasan adalah dengan ingat bahwa kamu harus menyelesaikan tugas-tugasmu tepat waktu sebagai mahasiswa. Tanggung jawab yang harus kamu penuhi itu adalah kunci paling awal agar kamu ingat bahwa kalau kamu malas, kamu akan gagal kelas, mengulang kelas, dan bahkan lulus terlambat. Kamu tentu tidak ingin semua hal buruk itu terjadi. Maka dari itu, jangan malas!

Bangun Kebiasaan Olahraga

Olahraga dapat membuatmu merasa lebih segar menjalani hari. Kegiatan ini juga dapat melawan kemalasan, mengurangi stres, dan meningkatkan semangat pagi. Kamu bisa mulai dari olahraga ringan, seperti berjalan di sekitar komplek perumahan, atau kamu bisa naik sepeda - hal-hal sederhana ini dapat menimbulkan motivasi diri dan kamu akan bisa melupakan kemalasan.

Atur Pola Makan Sehat

Menambah asupan makan yang banyak mengandung serat, dan mengurangi makanan berminyak bisa menjaga tubuh terhindar dari hawa kemalasan. Kurangi juga makan daging yang berlebihan. Hindari makanan yang dapat mengurangi tenaga, tapi juga jangan eliminasi semua makanan tanpa ampun. Apa pun yang seimbang selalu dianjurkan. Dengan memakan makanan yang seimbang dan sehat, tubuh akan lebih termotivasi untuk bergerak, dan pada akhirnya meninggalkan kemalasan.

Istirahat Cukup

Menjadi produktif itu baik, tapi menjadi terlalu produktif sampai lupa istirahat itu buruk. Tubuh juga butuh waktu untuk dipulihkan, dan istirahat yang cukup akan membantumu memulai hari berikutnya dengan lebih semangat. Kamu tidak akan terlalu mengantuk untuk mengerjakan tugas, kamu tidak akan malas masuk kelas karena masih lelah akibat begadang semalam sebelumnya. Kamu akan menjadi lebih siap menjalani hari dengan istirahat yang cukup! 

Motivasi Diri Dengan Tujuan Yang Ingin Dicapai

Pada akhirnya, hal yang membuat kita merasa  ingin terus berusaha dan tidak malas adalah tujuan akhir yang ingin kita capai. Entah dalam pendidikan, ataupun di bagian lain kehidupan, kita biasanya akan melawan semua rasa malas ketika kita ingat bahwa akan ada keberhasilan setelahnya. Sama seperti peribahasa "berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian, bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian,", begitu juga tentang melawan kemalasan. Ingat bahwa dirimu yang melawan kemalasan hari ini, akan sukses di masa depan!