*/?>

4 Film Untuk Mulai Belajar Saham

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 17 Mar 2023
Sumber gambar : Freepik
Sumber gambar : Freepik

Kamu mungkin adalah salah satu mahasiswa yang sudah tertarik dunia investasi saham. Kamu bahkan mungkin sudah mulai mencari-mencari informasi tentang saham namun belum sepenuhnya memahaminya. Memahami saham memang tak mudah, bahkan mereka yang sudah berkecimpung lama di dunia saham juga bisa salah ambil langkah dan merugi.

Nah, bermain saham selalu soal "high risk, high return," namun dengan pengetahuan yang cukup, kamu bisa melangkah dengan berani. Sebelum jauh-jauh dan terjerumus, bisa dulu dengan melihat saham dari sisi ringan, yaitu dengan melihat saham melalui film. Film memang berisi fiksi, namun banyak juga yang mengajarkan hal-hal menarik dan nyata, bahkan soal saham sekali pun, sehingga penontonnya dapat belajar dari film tersebut.

Film-film apa yang direkomendasikan untuk melihat saham dari dekat? Berikut ini 4 film untuk mulai belajar saham!

4 Film Untuk Mulai Belajar Saham

The Wolf of Wall Street

Blockbuster Hollywood ini menceritakan tentang kehidupan dan karir Belfort sebagai pialang saham Wall Street. Film ini mengikuti lintasan Belfort saat ia beralih dari pekerjaan tingkat pemula ke kerugian besar karena Black Monday terjadi, ke skema saham penny stock dan dump, untuk membuka perusahaan barunya yang kemudian diselidiki oleh US SEC dan FBI. Film ini mencakup dunia keuangan dan bagian tergelapnya yang korup. The Wolf of Wall Street bisa dibilang salah satu film tentang pasar saham terbaik.

Bazar

Bazaar didasarkan pada kehidupan seorang pedagang saham bernama Rizwan. Dipekerjakan karena keterampilan berdagangnya, Rizwan terjerat dalam perdagangan orang dalam dan jaringan korup. Sebagai film yang berhubungan dengan pasar saham, Bazaar memberikan pandangan yang baik tentang apa yang diperlukan untuk benar-benar bekerja di dunia saham. Film ini dengan tepat menentang tiga hal yang dapat membuat atau menghancurkan di pasar saham saat ini: uang, kekuasaan, dan bisnis.

The Big Short

The Big Short didasarkan pada peristiwa nyata dari kehancuran finansial tahun 2008 dan mengikuti tiga kisah terpisah: usaha pendanaan Michael Burry yang sukses, masuknya Jared Venett ke pasar CDS, dan bagaimana Geller dan Shipley mendapat untung besar dari shorting. Ini adalah film pasar saham yang hebat dan meskipun berfokus terutama pada sekuritas utang, film ini mencakup banyak konsep perdagangan penting dan memberi penonton gambaran tentang dampak peristiwa di dunia saham.

Gafla

Terinspirasi oleh penipuan kehidupan nyata oleh Harshad Mehta pada tahun 1992, film ini mengikuti perjalanan seorang pria kelas menengah saat dia mencoba peruntungannya di pasar saham dan terjebak dalam kejahatan. Dia menemukan jalannya ke pasar saham secara kebetulan dan film tersebut ditampilkan melalui mata dan pengalamannya. Meskipun sempat mengalami sukses, faktor keserakahan mengambil alih dan dia mendapati dirinya berada di tengah penipuan yang menjebaknya.