*/?>

Mengenal Program Studi Entomologi

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 22 Mar 2023
Sumber gambar : Oxford University
Sumber gambar : Oxford University

Para pecinta serangga yang benar-benar ingin memahami serangga mulai dari dalam dan luar tubuhnya sampai memahami fungsi serangga di bumi mungkin sudah mulai melirik jurusan Entomologi. Jurusan yang sangat fokus pada serangga ini menarik karena pembelajarannya sangat spesifik pada satu jenis hewan saja beserta dampak dari hewan tersebut. Meskipun menarik, peminat jurusan entomologi masih jarang sehingga jurusan ini wajar tak sepopuler jurusan lainnya. 

Perlu diketahui, serangga itu penting untuk keberlangsungan ekosistem Bumi namun juga bisa menjadi hama dan menimbulkan penyakit. Dualitas dari serangga akan dibongkar di jurusan entomologi sehingga mahasiswanya akan dimanjakan dengan wawasan tak terbatas tentang dunia hewan-hewan yang biasanya tak diindahkan ini. Dan, untuk mengenal lebih jauh tentang jurusan entomologi, ini dia mengenal program studi entomologi yang akan membahas apa itu jurusan entomologi, mata kuliah jurusan entomologi, dan kompetensi lulusan jurusan entomologi.

Mengenal Program Studi Entomologi

Sekilas Jurusan Entomologi

Jurusan Entomologi memberikan pendidikan dalam ilmu biologi dan lingkungan, dengan penekanan khusus pada serangga. Mahasiswa di jurusan ini tidak hanya diajak melihat serangga lebih dekat; mereka juga akan diajak memahami bahwa penelitian dalam entomologi sangat penting bagi kehidupan manusia. Misalnya:

  • Banyak penyakit serius di seluruh dunia disebarkan oleh serangga; menemukan obat untuk penyakit ini akan membutuhkan pemahaman rinci tentang biologi serangga.
  • Sejumlah proses fisiologis—seperti sistem neurobiologis—dapat dipelajari dengan lebih mudah pada serangga daripada pada mamalia.
  • Serangga telah mengembangkan solusi untuk masalah yang masih membingungkan para insinyur. Meneliti morfologi fungsional serangga telah membantu menginspirasi desain yang lebih baik dari segala sesuatu mulai dari robot hingga panel surya.

Mata Kuliah Jurusan Entomologi

Sebagai contoh, berikut mata kuliah jurusan Entomologi di Universitas Brawijaya yang antara lain:

  1. Fisiologi Serangga
  2. Ekologi Serangga
  3. Pengendalian Hayati
  4. Taksonomi Serangga
  5. Statistika Ekologi
  6. Perilaku Serangga
  7. Patologi Serangga
  8. Biologi Molekuler Serangga
  9. Pengelolaan Hama dan Penyakit Terpadu
  10. Hubungan Timbal Balik Serangga dengan Tanaman

Kompetensi Lulusan Jurusan Entomologi

Berikut kompetensi lulusan jurusan entomologi di Universitas Institut Pertanian Bogor sebagai gambaran:

  1. Mampu memahami dan mengembangkan bidang Entomologi dan pemanfaatannya dalam pengembangan pertanian dan lingkungan melalui riset hingga menghasilkan karya yang kreatif, oroginal dan teruji.
  2. Mampu menganalisis permasalahan di bidang pertanian dan lingkungan, serta merancang dan mengembangkan pemecahan masalah-masalah tersebut dengan memanfaatkan entomologi dengan pendekatan inter, multi atau transdisipliner .
  3. Mampu mengelola, memimpin dan mengembangkan riset di bidang entomologi, teknologi pengendalian hama tanaman, pengelolaan lingkungan dan pemanfaatan serangga berguna, serta menyosialisasikannya secara langsung dan melalui teknologi informasi untuk mendapatkan pengakuan nasional atau internasional.