*/?>

6 Langkah Daftar SNBT Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 24 Mar 2023
Sumber gambar: SNBT 2023
Sumber gambar: SNBT 2023

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 terbuka untuk semua calon mahasiswa, tak terkecuali mereka yang tuna netra, dan tuna daksa. Faktanya, sudah banyak universitas yang menerima mahasiswa berkebutuhan khusus dan mampu memfasilitasi mereka. Para orang tua tak perlu khawatir kalau pendidikan anak-anak mereka akan terhambat karena minimnya lokasi pendidikan yang dapat mengakomodasi kebutuhan calon mahasiswa-mahasiswa ini. Jalur masuk kuliah lewat SNBT ini juga inklusif, sebab mahasiswa berkebutuhan khusus akan mendapatkan kesempatan tes yang sesuai dengan mereka tanpa mengurangi persaingan masuk ke universitas idamannya. Bagaimana cara mendaftar SNBT khusus siswa-siswa spesial ini? Berikut 6 langkah daftar SNBT bagi siswa berkebutuhan khusus!

6 Langkah Daftar SNBT Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus

  1. Melakukan login di https://reg-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id
  2. Mengisi biodata diri lalu mencentang kolom tunanetra/buta atau tuna daksa/lumpuh
  3. Mengisi formulir Kebutuhan Khusus. Formulir Surat Keterangan Tunanetra/Buta dapat didapatkan dengan menekan tombol Unggah Bukti Tunanetra 
  4. Cetak dan dapatkan tanda tangan dari Kepala Sekolah, lalu scan dan unggah hasilnya ke portal SNPMB lagi
  5. Klik Simpan dan Lanjutkan
  6. Isi biodata wali dengan lengksp dan benar lalu klik Simpan Permanen Biodata.

Jika memiliki prestasi akademik maupun non-akademik, dapat unggah portofolio di laman yang tersedia. Jika tidak memiliki portofolio, bisa langsung melangkahi bagian tersebut dengan klik Lanjut. Setelah itu, calon mahasiswa dapat memilih lokasi Pusat tes SNBT yang tersedia. Untuk cek terlebih dahulu, bisa mampir ke Lokasi Tes SNBT, Cek 74 Tempat Ini.

Selamat berjuang!