*/?>

4 Tips Sukses UTBK SNBT Menurut Psikolog Unpad

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 25 Apr 2023
Sumber gambar: Unpad
Sumber gambar: Unpad

Psikolog Universitas Padjajaran (Unpad), Dr. Fitriani Yustikasari Lubis, M.Psi membagikan beberapa tips yang calon mahasiswa jalur Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) dapat coba ikuti agar lolos pada UTBK SNBT 2023 mendatang. Menurut Fitri, ada 4 tips agar sukses di UTBK SNBT, semuanya merupakan hal mendasar yang dapat diikuti semua calon mahasiswa tanpa terkecuali. 

Jika kamu masih merasa cemas dan takut gagal di UTBK SNBT kali ini, mungkin kamu akan menemukan motivasi dengan membaca 4 tips dari psikolog Unpad ini. Yang paling penting dan utama, yaitu kamu harus yakin pada dirimu sendiri kalau kamu akan berhasil. Kemudian, kamu bisa menerapkan 4 tips sukses UTBK SNBT menurut psikolog Unpad di bawah ini!

4 Tips Sukses UTBK SNBT Menurut Psikolog Unpad

Kondisi Badan Sehat

Kondisi yang mendukung dalam pelaksanaan UTBK SNBT adalah kondisi badan yang fit dan sehat. Dengan kondisi badan yang sehat, peserta akan memungkinkan berpikir jernih dan siap menghadapi situasi ujian yang potensial melelahkan, karena perlu menyelesaikan berbagai soal yang acapkali sulit. Kondisi badan yang fit dan sehat juga mendukung ketenangan dalam menghadapi ujian. Hal ini berpengaruh pada performa saat mengerjakan tes UTBK SNBT.

Susun Stretegi Belajar

Kemampuan dan proses belajar setiap siswa berbeda-beda. Ada yang cepat menangkap, mudah menghafal, dan mampu menganalisis dengan cepat. Namun, ada juga mengalami kesulitan belajar. Keberagaman ini membutuhkan cara belajar yang dimodifikasi sesuai kekuatan siswa dalam belajar. Tujuannya agar siswa yang mengalami kesulitan belajar pun akan mampu menguasai materi dengan cara belajar yang sesuai dengan keterbatasan yang dimilikinya.

Siasati Rasa Cemas

Pertama, peserta wajib percaya diri. Yakinlah bahwa persiapan yang dilakukan sudah maksimal oleh peserta. Kedua, berdoa merupakan salah satu upaya memberikan ketenangan pada diri. Rasa tenang merupakan hal penting agar sukses hadapi ujian. Saat peserta mengalami cemas berlebihan, tentunya hal ini dapat menghambat proses berpikir siswa dalam menyelesaikan ujiannya. Jika cemas sulit diredakan, bisa melakukan relaksasi sebelum tes dilakukan, misalnya duduk di kursi tes sambil mengatur pernafasan. 

Dukungan Orang Tua

Peran orang tua sangat besar dalam mendukung anak menghadapi ujian. Orang tua membantu anaknya untuk tidak merasakan cemas yang berlebihan dengan cara mendengarkan keluh kesah anak, mendengarkan kekhawatiran anaknya. Dan perlu diingat untuk lebih banyak mendengarkan. Jangan sampai memberikan banyak pendapat, yang akhirnya dapat membuat anak semakin cemas atau merasa terbebani. Dukungan juga diberikan dengan menyediakan fasilitas yang memudahkan anak mengikuti ujian, seperti mengantar anak ke lokasi hingga membantu menyiapkan persyaratan dan barang-barang yang dibutuhkan anak saat mengikuti ujian. Hal ini membuat anak merasa bahwa dirinya memiliki dukungan penuh untuk mengikuti UTBK-SNBT.