*/?>

Mengenal Program Studi Jurnalistik

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 12 May 2023
Sumber gambar: Freepik
Sumber gambar: Freepik

Mengejar peristiwa dan menuliskannya ulang sesuai fakta dan akurasi maksimal adalah tugas seorang jurnalis. Tugas mereka mulia karena menjadi pewarta informasi dunia kepada masyarakat awam yang butuh tahu apa yang sedang terjadi di bumi mereka. Entah masalah lingkungan, politik, ekonomi, kemanusiaan, dan sebagainya, seorang jurnalis harus bisa menelan semuanya dan memberitakan yang benar-benar saja.

Untuk mereka yang tertarik dengan bidang satu ini, bisa mulai dengan sering melahap berita yang berseliweran di media sosial, lalu masuk jurusan jurnalistik di bangku kuliah. Namun, sebelum terjun seutuhnya pada dunia penulisan berita ini, berikut sekilas untuk mengenal program studi atau jurusan jurnalistik!

Mengenal Program Studi Jurnalistik

Sekilas Jurusan Jurnalistik

Jurusan jurnalistik adalah bidang studi praktis yang melatih mahasiswanya untuk meneliti, melaporkan, dan berkomunikasi secara objektif untuk media cetak, web, atau siaran. Kurikulum jurusan ini biasanya mencakup campuran pembelajaran di kelas dan pengalaman langsung untuk membekali mahasiswanya dengan pengetahuan dan keterampilan untuk langsung terjun ke dunia kerja setelah lulus. Misalnya, mereka akan belajar bagaimana mengubah ide menjadi cerita yang dikemas, lengkap dengan gambar atau elemen multimedia lainnya. Seiring dengan mempelajari dasar-dasar pelaporan dan wawancara, mereka berupaya menggabungkan lede, dan kutipan ke dalam cerita yang jelas dan menarik. Mereka juga mengembangkan keterampilan penyuntingan dan mempelajari cara mengikuti panduan gaya yang biasa digunakan oleh jurnalis.

Keterampilan Yang Akan Dipelajari di Jurusan Jurnalistik

Melansir dari Universitas Multimedia Nusantara, berikut 8 keterampilan yang akan mahasiswa jurusan jurnalistik dapatkan:

  1. Menulis, Menulis adalah keterampilan paling dasar ketika belajar jurnalistik. Mahasiswa jurnalistik harus mampu menulis sesuai  kaidah bahasa agar orang lain dapat memahami informasi dengan jelas. 
  2. Berbicara (Komunikasi), Jurnalis perlu belajar berbicara dan berkomunikasi dengan baik, karena tugas mereka pada dasarnya adalah melakukan wawancara.
  3. Fotografi, Fotografi merupakan salah satu mata kuliah penting bagi mahasiswa jurnalistik. Foto memberikan gambaran tentang peristiwa atau kejadian. 
  4. Videografi, Jurnalis sekarang perlu merekam video untuk berita, serta menulis dan mengambil gambar. Jurnalisme membutuhkan perekaman video untuk memungkinkan pemirsa menikmati berita audiovisual
  5. Produksi Audio, Produksi audio adalah topik penting, terutama bagi mereka yang  bekerja di radio atau ingin membuat podcast. 
  6. Riset Data Mahasiswa jurnalistik harus mampu melakukan riset data sehingga dapat menganalisis satu atau lebih peristiwa yang membutuhkan pemahaman yang mendalam. 
  7. Investigasi, Salah satu hal yang menarik dalam mempelajari jurnalistik adalah mempelajari investigasi. Jurnalis melakukan investigasi ketika melaporkan kasus kriminal. 
  8. Storytelling, Inti dari media dan komunikasi adalah bercerita. Buku, TV, film, musik, media sosial, ponsel, email, teks-ini semua adalah alat bercerita. Mengidentifikasi dan memahami audiens Anda penting untuk menjadi pendongeng yang efektif.

Universitas dengan Jurusan Jurnalistik Terbaik di Indonesia

Mahasiswa yang ingin masuk jurusan jurnalistik dapat mencoba cek beberapa universitas dengan jurusan jurnalistik terbaik di Indonesia di bawah ini:

  1. Universitas Diponegoro
  2. Universitas Padjadjaran
  3. Universitas Indonesia
  4. Universitas Islam Syarif Hidayatullah
  5. Universitas Multimedia Nusantara
  6. Universitas Airlangga
  7. Universitas Gadjah Mada
  8. Binus University
  9. Universitas Brawijaya
  10. Universitas Mercu Buana