*/?>

UTBK Gelombang 2 Segera Mulai, Jangan Lupa Cek Kisi-Kisi Materi UTBK SNBT 2023!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 15 May 2023
Sumber gambar: Tempo.co
Sumber gambar: Tempo.co

Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2023 gelombang dua akan buka sebentar lagi. Meskipun tidak semua universitas negeri membuka gelombang dua pada UTBK SNBT 2023 kali ini, masih ada beberapa universitas negeri yang melakukannya. Kamu mungkin menjadi salah satu peserta UTBK SNBT 2023 yang akan mengikuti tes pada gelombang dua ini. Tepatnya, gelombang dua UTBK SNBT 2023 akan mulai pada 22-28 Mei 2023.

Untuk mengingatkanmu lagi mengenai kisi-kisi materi UTBK SNBT 2023, berikut soal-soal apa saja yang akan keluar di tesmu beberapa hari mendatang. Jika pada UTBK tahun lalu yang diujikan adalah Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA), UTBK SNBT 2023 hanya mengujikan TPS dan Tes Literasi. Begini penjabaran kedua kisi-kisi materi UTBK SNBT 2023 tersebut melansir dari laman resmi UTBK SBNT 2023!

(Baca juga: UTBK SNBT 2023: Barang Apa yang Wajib Kamu Bawa dan Etika Berpakaian Saat Tes)

Kisi-Kisi Materi UTBK SNBT 2023

Tes Potensi Skolastik

Tes Potensi Skolastik (TPS) adalah tes yang didesain untuk menguji kemampuan berfikir siswa sekolah calon mahasiswa baru, yaitu kemampuan untuk memahami dan bernalar yang diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam pendidikan formal, khususnya pendidikan tinggi. 

  • Kemampuan Penalaran Umum > Komponen Kemampuan Penalaran Umum dalam TPS menguji kemampuan seseorang untuk secara terarah dan terkendali menggunakan prosedur-prosedur untuk memecahkan masalah-masalah baru yang tidak dapat diselesaikan hanya dengan menggunakan kebiasaan-kebiasaan yang sudah dipelajari sebelumnya. Kemampuan yang diujikan mencakup kemampuan memecahkan masalah-masalah baru yang belum pernah dihadapi sebelumnya, dan kemampuan bernalar secara abstrak yang tidak semata-mata merupakan hasil dari pembelajaran sebelumnya
  • Pengetahuan dan Pemahaman Umum > Pada komponen ini yang diujikan adalah kemampuan untuk memahami dan mengkomunikasikan pengetahuan yang dianggap penting di lingkungan budaya Indonesia terutama keterampilan dalam berbahasa, menggunakan kata, dan keluasan serta kedalaman pengetahuan umum. Termasuk dalam kemampuan ini adalah pengetahuan praktis seseorang tentang bahasa, informasi, dan konsep-konsep khusus yang berbasis verbal dan kebahasaan.
  • Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis > Kemampuan membaca dan menulis adalah kumpulan pengetahuan yang diperoleh seseorang yang meliputi kemampuan dasar dalam membaca, kelancaran membaca, dan keterampilan menulis yang diperlukan untuk memahami bahasa tulis dan ekspresi pikiran melalui tulisan. Kemampuan ini mencakup kemampuan-kemampuan dasar dan kemampuan yang lebih kompleks seperti memahami wacana tertulis dan menulis cerita.
  • Pengetahuan Kuantitatif > Pengetahuan kuantitatif adalah kedalaman dan luasnya pengetahuan yang terkait dengan matematika, yang merupakan pengetahuan yang diperoleh melalui pembelajaran dan mewakili kemampuan untuk menggunakan informasi kuantitatif dan memanipulasi simbol-simbol angka. Kemampuan ini mencakup pengetahuan mengenai ukuran perhitungan matematika, pemecahan masalah matematika, dan pengetahuan umum matematika.

Tes Literasi

Tes Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Tes Literasi dalam Bahasa Inggris dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2023 berfokus pada Literasi Membaca (Reading Literacy). Adapun yang dimaksudkan dengan literasi membaca adalah kemampuan seseorang memahami, menggunakan, mengevaluasi, merenungkan, dan berinteraksi secara aktif dan berkelanjutan (engage) dengan teks dengan arah untuk mencapai tujuan, mengembangkan pengetahuan dan potensi, serta untuk berpartisipasi dalam masyarakat.

  • Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris > Dalam proses membaca, seorang pembaca tidak hanya berhadapan dengan teks, tetapi juga ia harus mampu menemukan konteks yang melingkungi teks sehingga pemahaman atas bacaan menjadi utuh. Konteks teks yang disajikan dalam SNPMB merupakan bidang teks personal dan bidang teks keilmuan yang bervariasi dan familiar dengan pembaca (peserta tes). Bidang teks mencakupi bidang ilmu pengetahuan alam, yang mencakupi sains dan teknologi, dan bidang ilmu pengetahuan sosial dan humaniora. Berdasarkan isi informasi dan kandungan pengetahuan di dalamnya, teks atau bacaan yang digunakan dapat dipilah ke dalam 4 (empat) kategori, yakni (1) teks umum, (2) teks sastra, (3) teks saintek, dan (4) teks sosial humaniora.
  • Penalaran Matematika > Penalaran matematika didefinisikan kemampuan individu untuk melakukan penalaran secara matematis yang ditunjukkan dengan kemampuan dalam merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan permasalahan atau informasi yang melibatkan aspek kuantitatif. Proses yang melibatkan literasi matematika memiliki beberapa elemen pendukung seperti prosedur, fakta, dan alat. Elemen-elemen ini dipakai untuk mendeskripsikan, menjelaskan, dan memprediksi fenomena di dalam kehidupan sehari-hari.