*/?>

7 Hal Penting Saat UTBK SNBT 2023 Yang Harus Siswa Perhatikan, Apa Saja?

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 16 May 2023
Sumber gambar: Tempo.co
Sumber gambar: Tempo.co

Menjelang pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2023 gelombang dua, calon mahasiswa dihimbau untuk mengikuti tata cara pelaksanaan tes dengan benar. Yang dimaksud adalah agar UTBK SNBT 2023 dilaksanakan dengan memperhatikan hal-hal apa saja yang dilarang pada hari H pelaksanaan tes UTBK SNT 2023 gelombang dua ini. Tidak mengindahkan larangan ini dapat berakibat peringatan sampai diskualifikasi. Apalagi, peserta UTBK SNBT 2023 hanya dapat mengikuti satu kali tes saja.

(Baca juga: 4 Tips Sukses UTBK SNBT Menurut Psikolog Unpad)

Pada pelaksanaan UTBK SNBT 2023 gelombang satu, sudah ada beberapa peserta yang terkena sangsi akibat melupakan 7 hal penting ini. Maka, diingatkan lagi tentang 7 hal penting saat UTBK SNBT 2023 yang harus siswa perhatikan agar dapat mengikuti tes dengan lancar, yaitu:

7 Hal Penting Saat UTBK SNBT 2023 Yang Harus Siswa Perhatikan

  1. Tidak boleh terlambat. Peserta harus tiba maksimal 30 menit sebelum ujian. Keterlambatan peserta mengakibatkan yang bersangkutan tidak boleh ikut ujian.
  2. Tidak diizinkan masuk ruang ujian sebelum ada tanda diperbolehkannya masuk.
  3. Tidak boleh membawa daftar logaritma, segala jenis kalkulator, kertas, buku, catatan dalam bentuk lain, alat komunikasi, kamera, modem, segala jenis alat perekam, dan jam tangan.
  4. Tidak boleh bekerja sama dengan pihak mana pun ataupun berkomunikasi secara langsung/tidak langsung dan dengan metode komunikasi apa pun.
  5. Tidak boleh menempati tempat duduk lain, harus duduk di tempat yang sudah ditentukan sesuai nomor peserta dan nomor meja.
  6. Selama ujian berlangsung, tidak boleh:
    • Bertanya mengenai jawaban kepada siapa pun dan berkomunikasi atau
    • bekerja sama dengan peserta lainnya dan pihak luar.
  7. Tidak boleh meneruskan pekerjaan dan harus tetap duduk saat bel ujian berakhir berbunyi. Peserta baru bisa meninggalkan tempat setelah diberi instruksi.