*/?>

4 Tips Cari Kamar Kos Ideal Untuk Mahasiswa Perantau

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 16 May 2023
Sumber gambar: Freepik
Sumber gambar: Freepik

Untuk kamu yang sudah diterima di universitas idaman tahun ini pasti sudah tidak sabar memulai hidup baru dan berkuliah jauh dari rumah. Apalagi karena covid-19 juga sudah mereda, kesempatan untuk merantau dan kuliah tatap muka juga jadi terbuka lebar. Kamu tentu memilih untuk merantau dan hidup di kos untuk mendapatkan petualangan dan pengalaman baru di mana kamu bisa belajar hidup mandiri.

Tapi, sebelum jauh-jauh berimajinasi hidup sendiri, kamu perlu dulu mencari lokasi tinggal yang cocok untukmu. Kamu harus mencari kamar kos yang nyaman dan sesuai selera agar kamu bisa menjalani hari-hari berat kuliah dengan lebih santai. Aspek punya kamar kos nyaman juga berperan penting! 

Nah, apa saja sih tips dalam mencari kamar kos ideal untuk mahasiswa perantau? Temukan jawabannya di sini!

4 Tips Cari Kamar Kos Ideal Untuk Mahasiswa Perantau

Identifikasi Anggaran Kos

Anggaran akan menjadi faktor terbesar dalam jenis kamar yang kamu cari. Jika anggaranmu lebih fleksibel, apartemen menawarkan fasilitas yang lebih baik dan tingkat layanan yang lebih tinggi. Jika anggaranmu lebih kecil, kamu tentu harus menyesuaikan pencarian kamar kosmu dengan furnitur lebih sedikit dan mungkin tanpa fasilitas AC. Kamu harus tahu dulu kemampuan finansialmu ini agar lebih mudah mengelompokkan mana kamar kos yang ideal dan yang tidak.

Cari Online, Tetapi Lakukan Tur Kamar Kos Secara Langsung

Internet membuat perburuan kamar kos cukup sederhana, dengan kemampuan sejumlah situs yang dapat diarahkan untuk memfilter daftar kamar kos. Namun, kamu sangat disarankan untuk melakukan tur kamar kosmu secara langsung. Saat berada di lokasi, cobalah berbicara dengan beberapa penyewa kamar kos untuk mendapatkan perspektif yang seimbang. Foto dan deskripsi online yang menarik dapat menjual apa saja, tetapi belum tentu apa yang ada digambar bisa sama persis dengan kondisi aslinya.

Perhatikan Perlengkapan Kamar Kos

Perhatikan baik-baik peralatan dan furnitur mana yang disertakan saat mengunjungi kamar kos yang kamu incar. Sangat penting untuk memeriksa semuanya mulai dari tempat tidur hingga rak handuk sehingga kamu tahu persis apa yang harus dibawa, apa yang kurang dan apa yang sudah disediakan. Pertimbangkan apakah dapur kos sempit, apakah ada cukup ruang di lemari es atau apakah ada meja dan kursi yang nyaman tempat kamu bisa duduk untuk makan malam.

Pilih Lokasi Strategis

Lokasi kos adalah tip utama untuk tempat tinggal mahasiswa yang paling cocok untukmu. Saat mencari kamar kos baru, salah satu hal terpenting yang harus kamu tanyakan adalah apakah kamu akan merasa nyaman tinggal di sana, dan apakah area tersebut cukup terang, dan apakah kamu merasa aman dan nyaman untuk bepergian bahkan ketika malam sekalipun. Lihat juga pilihan transportasi; apakah ada stasiun terdekat? Apa alamat toko terdekat? dan seperti apa anak-anak kos yang tinggal di kos tersebut?