*/?>

5 Tips Agar Selalu Semangat Belajar

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 17 May 2023
Sumber gambar: Freepik
Sumber gambar: Freepik

Belajar itu penting, tetapi belajar juga tidak selalu menyenangkan. Dan karena belajar tidak menyenangkan, kita jadi malas belajar; kita tidak semangat membuka buku dan membaca ulang materi yang seharusnya kita baca untuk ujian esok hari. Kalau begini, tidak ada yang bisa disalahkan, sih. Akui saja kadang belajar itu menjadi seonggok kewajiban bukan keinginan. Sangat sulit rasanya agar selalu semangat belajar.

Meskipun menemukan semangat belajar itu sulit, kita sekarang sedang berada di masa-masa tes penerimaan mahasiswa baru. Beberapa dari kamu mungkin akan menghadapi Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2023 gelombang dua, sisanya mungkin harus mengikuti tes ujian Seleksi Mandiri di universitas pilihan masing-masing. Di masa-masa ini lah kita harus jadi yang paling rajin belajar; mau tidak mau. 

(Baca juga: Sukses UTBK dengan 5 Tips Meningkatkan Konsentrasi Belajar Ini)

Agar tidak usah gundah lagi, mari cari cara agar kita tidak malas belajar dan selalu semangat, setidaknya sampai semua ujian di depan mata ini berakhir. Bersama kuliahdimana.id, ini dia 5 tips agar selalu semangat belajar!

5 Tips Agar Selalu Semangat Belajar

Cari Tahu Alasan Kenapa Malas Belajar

Mengetahui penyebab masalah adalah kunci untuk menemukan solusinya. Apakah kamu merasa materi belajarmu sulit? Apakah kamu memiliki masalah dengan teman atau anggota keluarga? Cobalah untuk menyelesaikan masalahmu sebelum fokus pada kegiatan belajar sehingga tidak membebani pikiran. Jangan lupa hadiah untuk diri sendiri untuk memotivasimu ketika kamu menyelesaikan tujuan belajarmu.

Belajar Di Tempat Rapi

Area yang berantakan dapat mengganggu, mengarahkan fokus ke tempat lain ke mana saja kecuali mater yang harus kamu pelajari. Area belajar yang tidak rapi juga tidak memberikan banyak motivasi untuk produktivitas, serta mempersulit diri untuk fokus. Jaga ruang belajarmu agar tetap bersih dan rapi, atur apa yang kamu butuhkan dan singkirkan apa yang tidak kamu butuhkan. Pastikan penerangan ruangan baik dan suhu ruangan tidak terlalu panas.

Jangan Membebani Diri

Jangan membebani diri sendiri dengan mencoba mengambil pelajaran besar dan panjang terlebih dahulu. Mulailah dari yang materi yang kecil, selesaikan pekerjaan yang lebih mudah terlebih dahulu, lalu lanjutkan ke pelajaran yang lebih rumit. Juga tetapkan batas waktu saat kamu belajar daripada mencoba menyelesaikan semuanya sekaligus. Beri diri waktu tertentu untuk beristirahat alih-alih mencoba menyelesaikan semuanya sekaligus.

Jangan menunda-nunda

Menunggu hingga beberapa hari, atau sehari sebelum ujian dapat membuat tugas tampak terlalu sulit dikerjakan. Menunda juga tidak memberikan cukup waktu untuk mengabdikan dirimu pada materi pembelajaran secara memadai. Selain itu, kesibukan di menit-menit terakhir ini dapat menambah lebih banyak tekanan pada situasi yang justru mudah membuat stres dan membuat konsentrasi menjadi lebih sulit.

Menjadi Kompetitif

Meskipun kamu tidak ingin membandingkan dirimu dengan orang lain, sedikit persaingan yang memacu semangat belajar bisa sehat, terutama jika itu muncul dari dalam dengan dirimu sendiri. Tetapkan sendiri tujuan untuk meningkatkan nilai ujianmu dan mencetak skor lebih tinggi dari pada tes sebelumnya. Gunakan peningkatan atau tolok ukur tersebut sebagai motivasimu untuk belajar sebelum setiap ujian dimulai/