*/?>

Mekanisme SNPMB 2024, Calon Mahasiswa Boleh Pilih 4 Jurusan!

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 30 Nov 2023
Sumber gambar: SNPMB 2024
Sumber gambar: SNPMB 2024

Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 akan segera berlangsung pada sekitaran awal bulan Februari 2024. Tahun depan, SNPMB akan terdiri dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dengan komponen Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) - sama seperti tahun sebelumnya. 

Jika mirip SNPMB 2024 dengan tahun sebelumnya, lalu apa bisa mengecek pelaksanaan SNBP & SNBT tahun lalu? Jawabannya tidak. Sebab ada perubahan-perubahan minor pada pelaksanaan SNPMB 2024 yang mungkin akan kamu lewatkan jika hanya mengacu pada mekanisme SNPMB tahun lalu. Nah, agar tidak keliru, berikut mekanisme pelaksanaan SNPMB 2024 yang sudah dirilis oleh lama resmi penyelenggara SNBP & SNBT 2024.

Mekanisme SNPMB 2024

  • Pelaksanaan SNPMB Tahun 2024 diawali dengan Registrasi Akun SNPMB pada Portal SNPMB (https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id).
  • Pendaftar wajib memiliki akun SNPMB melalui Single Sign On (SSO) mulai kegiatan pengisian PDSS, Pendaftaran SNBP, hingga Pendaftaran UTBK-SNBT.
  • Terdapat ketentuan tambahan yang mulai diberlakukan pada tahun 2024 yaitu bagi peserta yang dinyatakan lulus melalui jalur SNBT 2024 dan telah daftar ulang di PTN yang dituju tidak dapat diterima pada seleksi Jalur Mandiri 2024 di PTN manapun.
  • Terdapat perbedaan untuk ketentuan pemilihan program studi pada Jalur SNBT Tahun 2024. Peserta Jalur SNBT diperbolehkan memilih maksimal 4 (empat) program studi yang terdiri dari 2 (dua) pilihan Program Akademik (Sarjana) dan 2 (dua) pilihan Program Vokasi (Diploma Tiga dan Diploma Empat/Sarjana Terapan).