*/?>

KIP Kuliah Kemenag 2024, Peluang Bantuan Biaya Kuliah 6 Juta Setiap Semester

Pendidikan
Reporter : Bernetta, 01 Jan 2024
Sumber gambar: Freepik
Sumber gambar: Freepik

Tahu kah kamu kalau KIP Kuliah dari Kementerian Agama (Kemenag) tahun ini memprioritaskan calon mahasiswa baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) baik swasta atau negeri? Yup, buat kamu yang masuk kategori itu bisa segera mendaftar. Nah, dana Program KIP Kuliah dipergunakan untuk keperluan hal-hal sebagai berikut:

  • Biaya hidup (living cost).
  • Biaya Pendidikan bagi Penerima KIP Kuliah meliputi:
    • Sumbangan Pembinaan Pendidikan/UKT sesuai ketentuan yang berlaku.
    • Peningkatan kualitas pendidikan penerima

Mau mencoba daftar KIP Kuliah Kemenag? Yuk cek syaratnya di sini!

Syarat Daftar KIP Kuliah Kemenag 2024

  1. Mahasiswa baru tahun masuk 2023 yang berasal dari lulusan MA/MAK/Diniyah Formal Ulya/SMA/sederajat angkatan tiga tahun terakhir. Misalnya, jika dibuka tahun 2024 maka siswa angkatan 2021, 2023, dan 2024 bisa mendaftar.
  2. Memiliki keterbatasan ekonomi yang dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Program Indonesia Pintar (PIP) SLTA atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau Kartu Jakarta Pintar (KJP).
    • Apabila mahasiswa belum memiliki KIP atau orangtua/wali belum memiliki KKS, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah. Asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan yang dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orangtua/wali maksimal sebesar Rp 4 juta per bulan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000 per bulan dibuktikan dengan mengisi form surat keterangan yang ditandatangani dan disahkan oleh pemerintah setempat
  3. Memiliki potensi akademik baik dibuktikan dengan nilai rapot, ijazah dan sertifikat pendukung
  4. Mahasiswa yang terdampak Covid-19 dikarenakan status orangtua/wali meninggal dunia dibuktikan dengan surat keterangan kematian dari rumah sakit atau pemerintah setempat atau mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) dibuktikan dengan surat keterangan PHK dari perusahaan atau tempat kerja.
  5. Mahasiswa difabel yang mengalami cacat bawaan/akibat kecelakaan dan dapat mengikuti studi secara baik, dibuktikan dengan surat keterangan dari pimpinan sekolah asal.
  6. Tidak terlibat dan/atau terindikasi mengikuti kegiatan/organisasi yang bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pemerintah dibuktikan dengan penandatanganan pakta integritas.
  7. Sanggup tidak menikah selama menerima program KIP Kuliah. Demikian informasi besaran biaya beasiswa yang didapat kalau lolos KIP Kuliah Kemenag 2024.